logo


Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 4,5 Persen, Ini Kata Gubernur BI

Gubernur BI, Agus Martowardojo menyebut keputusan tersebut diambil sejalan dengan upaya bank sentral dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan

22 Agustus 2017 20:26 WIB

Logo Bank Indonesia.
Logo Bank Indonesia. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COMRapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG-BI) yang digelar pada tanggal 21-22 Agustus memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan 7-Days Reverse Repo rate menjadi 4,5 persen. Adapun suku bunga Deposit Facility sebesar 3,75 persen dan Lending Facility sebesar 5,25 persen yang berlaku efektif 23 Agustus 2017.

Gubernur BI, Agus Martowardojo menyebut keputusan tersebut diambil sejalan dengan upaya bank sentral dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Pertumbuhan ekonomi tersebut didukung meningkatnya kinerja investasi, terutama investasi bangunan. Sejalan dengan akselerasi pemerintah dan meningkatnya proyek investasi swasta, pertumbuhan konsumsi rumah tangga kuartal kedua 2017 melemah, sementara konsumsi pemerintah terkontraksi seiring dengan pergeseran pengeluaran," ujar Agus di Gedung BI, Selasa (22/8).


Haramkan Istilah 'Miskin', Pemerintah Bermaksud Memotivasi Masyarakat

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal kedua 2017 sebesar 5,01 persen year on year (yoy) lebih rendah dibanding tahun lalu sebesar 5,18 persen (yoy). Agus mengatakan pemulihan ekonomi domestik tetap berlanjut.

"Bank Indonesia tetap mewaspadai sejumlah risiko, baik yang bersumber dari global terutama normalisasi neraca bank sentral AS, maupun domestik terutama konsolidasi korporasi dan perbankan yang masih berlanjut," kata Agus.

Bank Indonesia terus mempererat koordinasi bersama pemerintah dalam rangka pengendalian inflasi supaya tetap berada pada kisaran sasaran dan terus mendorong kelanjutan reformasi struktural untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Prihatin dengan Utang Indonesia, Mantan Penasihat KPK: Jokowi Luar Biasa Prestasi Utangnya

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata