•  

logo


PKS : Kita meminta Malaysia Segera Melaksanakan Investigasi Mendalam

Investigasi dimaksudkan untuk mengetahui secara gamblang dibalik insiden terbaliknya bendera Indonesia di buku panduan SEA games 2017

21 Agustus 2017 18:00 WIB

Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari.
Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari. mpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari menyesalkan insiden terbaliknya bendera Indonesia di dalam buku panduan SEA Games 2017 di Malaysia. 

Menurutnya insiden tersebut merupakan kesalahan fatal yang dilakukan oleh panitia penyelenggara, oleh karena itu pemerintahan Malaysia diminta untuk melakukan investigasi. 

“Kita meminta Malaysia segera melaksanakan investigasi mendalam dan di sampaikan ke publik siapa dan mengapa sampai terjadi kesalahan fatal di ajang internasional yang sudah berkali-kali kita lakukan bersama,” ujarnya di Jakarta, Senin (21/8). 


Bendera Terbalik di SEA Games, Yudi: Indonesia Harus Koreksi Diri

Kharis menjelaskan meski pemerintah Malaysia sudah meminta maaf, namun dengan investigasi dimaksudkan untuk mengetahui secara gamblang dibalik insiden terbaliknya bendera Indonesia di buku panduan SEA games 2017. 

“Memang pemerintah kita masih menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia. Menpora Malaysia juga sudah minta maaf, tapi semua harus dibuka ke publik agar hal ini jelas kesengajaan atau bukan,” tuturnya. 

Kendati demikian, Kharis meminta agar masyarakat jangan bereaksi berlebihan dalam menyikapi persoalan ini, dan masyarakat diharapkan agar tetap tenang. 

"Saya mohon masyarakat semua menunggu langkah serius Malaysia menuntaskan masalah ini dan agar kita juga menyikapinya dengan tenang dan tetap fokus mendukung kesuksesan timnas Indonesia di SEA Games. Kita percayakan langkah diplomasinya kepada Bu Menlu Retno Marsudi untuk menindaklanjuti pembicaraannya dengan Menlu Malaysia serta kita tunggu jawaban nota diplomatik yang sudah dikirim oleh KBRI Kuala Lumpur,” pungkasnya.

 

Beredar Video Mobil Bawa Bendera Malaysia Terbalik

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata