logo


Tidak Mengelak, Habib Rizieq Berusaha Mengingat Peristiwanya dengan Firza

Selama pemeriksaan, Ade tidak mengatakan Rizieq mengelak ketika ditanyakan mengenai hubungannya dengan Firza Husein

21 Agustus 2017 15:42 WIB

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (Kiri) memenuhi panggilan Bareskri Polri di Jakarta, Kamis (3/11).
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (Kiri) memenuhi panggilan Bareskri Polri di Jakarta, Kamis (3/11). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab sudah diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya pada 27 Juli kemarin di Arab. Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Deriyan menyebutkan sikap Rizieq sangat kooperatif saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penyidik.

"Kalau dengar dari penyidik yang ditugaskan, beliau sangat kooperatif, sangat membuka waktu ketika di sela-sela ibadah, beliau juga memberikan banyak masukan informasi yang kami butuhkan dalam pemeriksaan tersebut," kata Ade di Mapolda Metro Jaya, Senin (21/8).

Selama pemeriksaan, Ade tidak mengatakan Rizieq mengelak ketika ditanyakan mengenai hubungannya dengan Firza Husein.


Sebut Bukti Tidak Sah, Kuasa Hukum Habib Rizieq: Kasus Harus Dihentikan

"Secara titik materiil mungkin apapun yang kita persiapkan, yang kita tanyakan kepada yang bersangkutan tentu juga menjadi bahan yang bersangkutan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dipertanyakan. Menerima atau tidak, kami serahkan ke Habib," ujarnya.

Rizieq masih berusaha mengingat kejadian tersebut karena memang sudah terjadi cukup lama.

"Tidak mengelak, yang pasti secara konten jawaban beliau pasti beliau mencoba mengingat kembali apakah memang pernah menyampaikan hal tersebut karena kejadiannya kan sudah cukup lama, karena kan isi-isi konten yang kita tanyakan, beliau mencoba mengingat kembali peristiwa-peristiwa tersebut," jelasnya.

Pemberkasan terhadap FIrza Husein jga sudah mencapai 80 persen, penyidik saat ini hanya perlu menambahkan kelengkapan materi.

"Kalau sudah pernah tahap 1, pemberkasan sudah 80 persen, 20 persennya tinggal kelengkapan-kelengkapan materil yang perlu ditambahkan saja. Rekan-rekan kejaksaan sudah melakukan pemeriksaan, ada yang perlu ditambah, itu juga dikembalikan kembali," kata Ade.

Pihak Rizieq Ingin Kasus Dihentikan Saja, Begini Respons Polisi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata