logo


Intip Kemeriahan Perayaan HUT RI ke-72 di Birmingham

Persatuan Pelajar Indonesia dan Masyarakat Indonesia di Birmingham (PPI-MIB) menggelar acara guna memperingati HUT RI ke-72.

18 Agustus 2017 10:16 WIB

Lomba tarik tambang dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 di Birmingham, Kamis (17/8).
Lomba tarik tambang dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 di Birmingham, Kamis (17/8). dok.Jitunews

BIRMINGHAM, JITUNEWS.COMKemeriahan peringatan hari Kemerdekaan RI yang ke-72 tidak hanya dirasakan di Indonesia saja. Euforia itu sampai ke berbagai negara lain. Salah satu perayaan yang cukup menyedot perhatian adalah di London.

Sebanyak 1.000 warga negara Indonesia (WNI) memeriahkan acara Temu Masyarakat, Pagelaran-Seni Budaya Indonesia yang bertempat di Wisma Nusantara pada tanggal 12 Agustus 2017 yang lalu. Tidak hanya WNI saja yang ikut dalam acara tersebut melainkan juga penduduk Inggris ikut terlibat dalam perayaan tersebut.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia, Dr Rizal Sukma, pada saat membuka acara, menyampaikan ungkapan kebahagiaan melihat begitu banyaknya pengunjung yang datang dalam acara yang digelar setahun sekali tersebut.


Juarai Trofeo Bhayangkara 2017, Arema : Pertandingan Sesuai Dengan Harapan

Acara itu, menurutnya merupakan event yang ditunggu-tunggu, karena sebagai ajang mengobati kerinduan yang mendalam dengan tanah air. Selain itu, mereka juga menikmati santap kuliner khas Indonesia seperti bakso, sate ayam, pempek, es teler, gado-gado dan yang lainnya.

Selain London, acara yang tidak kalah menariknya juga dilaksanakan di Birmingham yang merupakan kota metropolitan dengan jumlah penduduk Indonesia terbanyak di UK setelah London. Persatuan Pelajar Indonesia dan Masyarakat Indonesia di Birmingham (PPI-MIB) menyelenggarakan upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia dan detik-detik proklamasi tanggal 17 Agustus pada pukul 10.00 waktu setempat. 

Hal itu dikemukakan oleh salah satu pelajar asal Indonesia, Nenden Sekar Arum. Gadis cantik ini berbagi cerita menarik tentang perayaan HUT RI ke-72 di Birmingham. Menurutnya, selain upacara, ada pula lomba khas 17-an yang digelar di sana.

"Akan ada berbagai lomba khas 17-an seperti lomba makan kerupuk dan tarik tambang," ujarnya kepada Jitunews.com, Kamis (17/8).

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Kampus University of Birmingham. Peserta yang mengikuti lomba tersebut berasal dari anak-anak Indonesia yang tinggal di sana. Sementara itu, untuk tahun ini kegiatan tersebut tidak melibatkan penduduk asli UK.

"Karena memang pelaksanaan kegiatannya di dalam kampus, dan kebetulan kampus sedang dalam masa Summer Holiday," ungkapnya.

Seperti diketahui, Indonesia sudah merdeka selama 72 tahun. Dengan usia yang tidak lagi muda tersebut, tentunya masyarakat berharap agar tanah air tercinta semakin maju dan sejahtera. Makna kemerdekaan bagi setiap warga negara tentunya mengharapkan Indonesia lebih baik lagi.

Sementara itu, makna kemerdekaan sendiri, menurut Nenden, adalah dalam konteks masa kini seharusnya bisa direfleksikan dalam hal kebebasan dalam menentukan pilihan masing-masing.

"Kemerdekaan pada konteks masa kini seharusnya bisa direfleksikan dalam hal kebebasan dalam mempercayai dan menjalankan setiap pilihan masing-masing individu secara bertanggung jawab," kata Nenden. 

Yuk, Ikutan Kuis Silver Queen Share Your Love!

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari