logo


Partai Republik Optimis Lolos Verifikasi Faktual KPU

Waksono menjelaskan bahwa pihaknya di Partai Republik tetap optimis dapat mengikuti peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh KPU.

16 Agustus 2017 17:14 WIB

Wasekjen Partai Republik Warsono.
Wasekjen Partai Republik Warsono. Jitunews/Latiko Aldilla DIrga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar uji publik peraturan KPU terkait Penyelenggaraan Pemilu 2019.

Terkait hal itu, Wasekjen Partai Republik, Warsono, mengatakan, peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh KPU tidak banyak mengalami perubahan dari peraturan-peraturan yang sebelumnya telah ditetapkan dalam penyelenggaraan Pemilu 2014.

"Menurut saya, peraturan dari KPU tersebut, bahwa uji kelayakan itu memang tidak meleset dari 2014 bahwa tetap ada verifikasi, administrasi dan sebagainya. Langkah-langkah tersebut masih kita pahami dan tidak berubah," ujar Warsono saat ditemui Jitunews.com, Selasa (15/8).


Partai Republik Tegas Dukung Jokowi 2 Periode

Menurut Warsono, yang mengalami perubahan hanya perubahan pada Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), yakni seperangkat sistem teknologi informasi yang berbasis web untuk melayani partai politik calon peserta Pemilu menyiapkan pemenuhan persyaratan pendaftaran. 

Kata Warsono, dalam SIPOL tersebut, masing-masing anggota dari partai peserta pemilu harus meng-input data tersebut mulai dari hard copy sampai flash disk.

Dan mengenai langkah aktual, menurutnya tidak berbeda jauh, intinya tetap paling sedikit se per 1.000 keanggotaan parpol dan akan sampling 10 persen dari seper seribu keanggotaan parpol per DPD/Kota tersebut.

"Dan KPU juga mohon keanggotaan tersebut tidak diperbolehkan untuk ganda masing-masing parpol lainnya, itu untuk verifikasi faktualnya, kira-kira seperti itu," tuturnya.

Lebih jauh, Warsono menjelaskan bahwa pihaknya di Partai Republik tetap optimis dapat mengikuti peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh KPU.

"Kami tetap optimis, langkah-langkah kita siap verifikasi faktual KPU," pungkasnya.

Pengurus Daerah Partai Republik Mulai Terbentuk dengan Cepat

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana