logo


Lady Diana Gunakan Fashion Sebagai Alat Diplomasi

Kisa hidup seorang putri rupanya tak berakhir manis bagi Diana. Pernikahannya dengan pewaris tahta, Pangeran Charles bubar pada 1996 lantaran kuatnya isu perselingkuhan.

28 Agustus 2017 11:30 WIB

Putri Diana.
Putri Diana. Dok. Telegraph.co.uk

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tak terasa kepergian Putri Diana Frances Spencer atau bisa disapa Lay Diana telah memasuki tahun ke 20. Kebaikan hati sang putri hingga kisah kelam percintaannya sulit untuk dilupakan begitu saja.

Beragam cara dan kegiatan pun ditempuh untuk mengenang sang putri. Termasuk menggelar pameran fashion yang menampilkan gaun-gaun yang pernah dikenakan Lady Diana.

Dalam pameran yang digelar di London, seluruh gaun yang pernah dikenakan Diana baik dalam acara diplomat maupun saat dirinya berdansa dengan seorang bintang film dihadirkan dalam pameran tersebut.


Lady Diana, Kisah Tujuh Tahun Tanpa Seks dengan Pangeran Charles

Begitulah cara warga dunia mengenang salah satu 'mantan' keluarga bangsawan Britania raya itu. Setidaknya 25 gaun dipamerkan dalam acara tersebut digelar di di Istana Kensington. Istana ini merupakan tempat tinggal Putri Diana lebih dari 15 tahun.

Salah satu yang terfavorit adalah gaun beludru bertinta biru yang dikenakan sang putri kala menari bersama John Travolta di Gedung Putih 1985 lalu. Selain gaun tersebut ada pula gaun berkerah tinggi ala Elvis Presley yang bertahtakan mutiara yang juga menjadi daya tarik.

Kepandaian Diana sebagai seorang calon ratu dapat dilihat dari caranya memilih busana. Putri cantik yang bisa dikatakan 'tersia-siakan' itu memiliki kemampuan yang cermat dalam berbusana sesuai dengan kegiatan yang dijalaninya.

Diana mampu menggunakan mode sebagai alat penyokong bargaining-nya dalam sebuah pertemuan diplomat.

"Pemahaman Diana tentang bagaimana menggunakan mode sebagai alat diplomasi," ujar panitia penyelenggara.

Sebagai gambaran, Diana mengenakan gaun yang menggabungkan elang, burung nasional Saudia Arabia.

Kisa hidup seorang putri rupanya tak berakhir manis bagi Diana. Pernikahannya dengan pewaris tahta, Pangeran Charles bubar pada 1996 lantaran kuatnya isu perselingkuhan.

Diana pun menutup usianya dengan jalan yang cukup dramatis. Insiden kecelakaan mobil yang dialaminya pada 1997 di Paris menjadi akhir perjalanan hidupnya di dunia.

20 Tahun Mengenang Diana, Cinta Terbesar Sang Putri Bukan Charles

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah