logo


Siapkah Indonesia Dengan Kedatangan 5G?

Teknologi komunikasi generasi ke-5 (5G) tidak lama lagi akan bisa kita nikmati. Menurut perkiraan teknologi 5G ini akan diluncurkan secara global pada tahun 2020.

16 Agustus 2017 11:20 WIB

Ilustrasi jaringan 5G
Ilustrasi jaringan 5G The Register

JITUNEWS.COM - Teknologi komunikasi generasi ke-5 (5G) tidak lama lagi akan bisa kita nikmati. Menurut perkiraan teknologi 5G ini akan diluncurkan secara global pada tahun 2020.

Kelebihannya, teknologi 5G memiliki tatensi yang rendah (kurang dari 1 milidetik) dan memiliki kecepatan yang bsesar serta stabil.

Negara-negara besar tentunya sedang mempersiapkan atas kehadiran 5G nantinya, lantas bagai mana dengan Indonesia?


Anak SMA Dapat Hadiah dari Google Sebesar Rp 133 Juta

Menurut Kepala Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Basuki Yusuf Iskandar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengadopsi jaringan seluler 5G.

"Kita harus mengadopsi teknologi itu dengan bijak. Bukan berarti terlambat, tapi bukan pula sebagai yang pertama mengadopsi ini. Hal itu dilakukan agar kita bisa melihat pengalaman dari negara lain yang sudah lebih dulu mengadopsinya".

Untuk menunjang kesiapan ini, Basuki menyarankan diperlukan gerakan bersama yang digagas oleh sejumlah pihak terkait. Hal itu penting untuk memberi pemahaman yang lebih luas terkait penggunaan teknologi 5G sehingga dapat digunakan secara produktif.

Sementara itu, pemerintah akan menyiapkan regulasi yang akan mengatur penerapan 5G. Kominfo juga akan mengajak para operator duduk bersama-sama untuk membicarakan pembagian spektrum yang akan digunakan jaringan 5G.

Indonesia Segera Punya Startup Unicorn Setelah Go-Jek

Halaman: 
Penulis : Satria Budi
 
×
×