logo


Unik! Warga Pekalongan Membatik Jalan Jelang HUT RI ke-72

Mereka membatik bukan dengan cat warna biasa melainkan dengan pewarna batik.

15 Agustus 2017 22:41 WIB

Membatik Jalan di Pekalongan dalam rangka HUT RI ke 72
Membatik Jalan di Pekalongan dalam rangka HUT RI ke 72 Detik.com

PEKALONGAN, JITUNEWS.COMKota Pekalongan memang terkenal dengan batiknya yang mendunia. Ada yang unik dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 di Dusun Sembung, Desa Kampil, Kecamatan Wiradesa. Sekumpulan warga desa berbondong-bondong membatik jalanan.

Cat yang digunakan pun tak sembarangan melainkan memakai pewarna batik. Sekitar 1000 meter jalanan dihiasi dengan motif batik khas Pekalongan. Menurut pengakuan Ketua RT setempat, Pendi (52), kegiatan membatik jalanan itu memasuki tahun kelima.

"Ini sudah tahun kelimanya, kami lakukan ini. warga kompak baik tua dan muda, pria maupun wanita dengan rukun berekspresi di jalan desa ini," ungkapnya, Selasa (15/8).


Seni Membatik di Kampung Batik Palbatu

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa penduduk sekitar memang sebagian besar adalah pengrajin batik. Oleh karena itu, setiap merayakan kemerdekaan, mereka selalu menuangkan ekspresi membatik di jalanan.

"Warga sini kebanyakan para perajin batik, jadi warga berkeinginan agar setiap tahun para warga bisa berekspresi di jalanan dengan membatik," terangnya.

Dalam hal ini, warga desa bergantian untuk membatik jalanan baik di pagi, siang, sore hingga malam hari. Sebab untuk membatik jalanan itu dibutuhkan waktu kurang lebih seminggu.

Sambut HUT ke-72 RI, Pasukan Garuda Gelar Pengobatan Gratis di Afrika Tengah

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari