logo


Kendala yang Mendera Budidaya Edamame

Pada dasarnya lahan Edamame itu harus bebas dari tanaman/rumput liar

17 Desember 2014 13:57 WIB

Pada dasarnya Edamame ini tergolong tanaman yang memerlukan curah hujan relatif tinggi. FOTO : ISTIMEWA
Pada dasarnya Edamame ini tergolong tanaman yang memerlukan curah hujan relatif tinggi. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dalam budidaya Edamame biasanya yang menjadi momok bagi para petani adalah serangan hama dan penyakit. Majid mengatakan bahwa penyakit yang sering menyerang Edamame adalah hama wereng dan penggerek batang. Solusi yang sering ia lakukan dengan menyemprotkan insektisida Curacron maupun Decis dengan dosis 1 cc/L air 3 kali seminggu.

Pembudidaya Edamame asal Bogor, Abdul Majid menjelaskan bahwa pada dasarnya budidaya Edamame ini tergolong mudah. Hanya saja ia mengatakan bahwa Edamame termasuk tanaman yang memerlukan perawatan khusus.

“Pada dasarnya lahan Edamame itu harus bebas dari tanaman/rumput liar. Harus sering-sering dikontrol, karena secara tidak langsung rumput liar yang tumbuh di sekitar Edamame tersebut akan mengganggu pertumbuhan Edamame,” terang Majid.


‘Hidroponik Asik’ Bersama DWP Bakamla RI

Disinggung mengenai cuaca ekstrem yang kerap melanda akhir-akhir ini diakui Majid tidak menjadi kendala yang berarti. Karena pada dasarnya Edamame ini tergolong tanaman yang memerlukan curah hujan relatif tinggi.

“Yang penting kita harus sering melakukan pengontrolan saja, jangan biarkan tanaman Edamame ini tergenang, karena bisa membuat tanaman menjadi busuk,” cetus Majid.

Setahun Lebih Ditanam, PKK Jakarta Ikut Panen Perdana Jahe Merah

Halaman: 
Penulis : Riana