logo


Demi Tingkatkan Intelektualitas dan Spriritualitas Generasi Penerus TNI Gelar Lomba MTQ

Bagi para juara baik juara I, II dan III pada masing-masing materi lomba akan mendapatkan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan.

10 Agustus 2017 10:23 WIB

Penum TNI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-72 Tahun 2017, Kodam II/Sriwijaya menggelar aneka lomba bidang pembinaan mental (Bintal) tingkat Perguruan Tinggi negeri dan Islam yang ada di wilayah Kodam II/Sriwijaya. Lomba tersebut secara resmi dibuka oleh Pangdam II/Sriwijaya yang diwakili Kabintaldam II/Sriwijaya, Letkol Inf Dwi Tugas Irianto, bertempat di Masjid Al Ikhlas Makorem 044/Garuda Dempo, Rabu (9/8/2017).

Kabintaldam II/Sriwijaya dalam sambutannya, saat membuka lomba, mengatakan, kegiatan lomba bidang Bintal yang mengambil tema 'Melalui kegiatan MTQ dan MHQ tingkat mahasiswa dan mahasiswi dalam rangka HUT ke-72 TNI kita tingkatkan intelektualitas dan spiritualitas untuk mencetak generasi cerdas dan bermoral serta cinta tanah air' merupakan salah satu ajang pengembangan minat dan bakat generasi muda. Di samping itu, lomba ini juga dimaksudkan sebagai sarana menumbuhkan kecintaan kepada Al Qur’an dengan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat maupun tersurat di dalam Al Qur’an, juga untuk menyalurkan bakat seni di kalangan Mahasiswa.

Lebih lanjut Kabintal menyampaikan bahwa kegiatan lomba ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi antar umat beragama, baik muslim maupun non muslim. Hubungan persaudaraan antar umat beragama merupakan salah satu modal dasar dalam pembangunan. Karena membangun bangsa dan negara harus didasari dengan kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan.

Melalui momentum MTQ, MHQ, Hadrah dan Paduan Suara ini, mari kita bersama-sama membangun Sumbagsel ke arah yang lebih baik dengan selalu mengamalkan nilai–nilai Al Qur’an terutama dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang agamis, serta mampu melantunkan pembacaan Al Qur’an dengan baik dan benar.

"Harus kita pahami bersama, kitab suci Al Qur’an di samping untuk dibaca, harus mampu kita jadikan sebagai pedoman hidup setiap umat Islam, membacanya saja sudah merupakan ibadah, apalagi melaksanakan setiap butir ayat yang telah kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari," terang Kabintal.

Lomba bidang Bintal yang digelar di antaranya materi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Hadrah dan Paduan Suara. Untuk materi lomba MTQ dan MHQ kali ini peserta yang mengikuti lomba berjumlah 32 orang terdiri dari 8 putri dan 24 putra. Dalam lomba MTQ Surat Al Baqoroh ayat 256–258 tentang toleransi, Surat Al Imran ayat 102–104 tentang persatuan, Surat An Nisa ayat 85–88 tentang perdamaian dan Surat Al Hujarat ayat 13–15 tentang kebhinekaan. Sedangkan materi yang dilombakan untuk MHQ adalah kategori hafidz 5 dan 10 Juz.

Sedangkan materi Hadrah yang dilombakan adalah lagu bebas yang bernuansa rohani (15 orang tiap tim putra/putri). Sementara materi yang dilombakan untuk paduan suara (30 orang tiap tim putra/putri/campuran) dengan menyanyikan satu lagu rohani dan memilih salah satu lagu perjuangan yakni Maju Tak Gentar, Bangun Pemuda Pemudi, Indonesia Pusaka dan Berkibarlah Benderaku.

Bagi para juara baik juara I, II dan III untuk masing-masing materi lomba akan mendapatkan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan.

TNI Transparan Dalam Penegakkan Hukum Kasus Helikopter AW-101

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah