logo


Pancasila Sudah Final, Sekarang Saatnya Implementasi

Ketua Umum PAN ini mengatakan perdebatan tentang definisi Pancasila seharusnya selesai.

10 Agustus 2017 10:17 WIB

Mural bertemakan Pancasila.
Mural bertemakan Pancasila. Dok. Visualjalanan.org

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, menegaskan bahwa Pancasila sudah final sebagai dasar berbangsa dan bernegara sejak 71 tahun lalu.

"Sekarang kewajiban seluruh anak bangsa untuk mengimplementasikan Pancasila di semua sektor seperti bidang Ekonomi, Hukum, Kemanusiaan sampai Keadilan Sosial," ujar Zulkifli Hasan melalui siaran pers yang diterima Jitunews.com, Rabu malam (9/8).

Ketua Umum PAN ini mengatakan perdebatan tentang definisi Pancasila seharusnya selesai. Diskusi-diskusi yang ada diharapkan lebih membahas strategi untuk memajukan Indonesia, apalagi negara ini sudah tertinggal dari negara lainnya.


Polemik Patung di Tuban Seret Nama Zulkifli Hasan, Ini Kata PAN Jatim

Menurutnya, yang diperdebatkan seharusnya bagaimana Pancasila itu menjadi kenyataan. Kenyataan untuk kehidupan sehari-hari, kenyataan dalam ekonomi, kenyataan dalam melahirkan undang-undang dan melahirkan peraturan.

"Itu sebenarnya yang harus masuk dalam pembahasan kita, yang miskin harus diangkat derajatnya. Semangat Pancasila adalah pemerataan dan sejahtera semuanya. Keadilan sosial untuk semuanya, bukan untuk segelintir golongan saja," pungkasnya.

Terbitkan SKB untuk Mantan Anggota HTI, Wiranto: Supaya Kembali ke Ideologi Pancasila

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Syukron Fadillah