logo


Ahok Absen di Sidang Buni Yani, Hakim: Orang Terinfus Saja Diusahakan Datang

Menurutnya, saksi harus tetap dihadirkan dengan berbagai cara.

8 Agustus 2017 12:03 WIB

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Dok. Jitunews

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dipastikan tidak hadir pada sidang lanjutan kasus Buni Yani hari ini, Selasa (8/8).

Sebagai gantinya, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Andi M Taufik, menyerahkan surat pemberitahuan kepada Majelis Hakim berikut laporan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Ahok yang telah disumpah.

Ketua Majelis Hakim, M Saptono, menyayangkan hal tersebut. Menurutnya, saksi harus tetap dihadirkan dengan berbagai cara. Ia juga menyebut saksi dalam keadaan sakit pun diusahakan tetap datang meski harus ditemani selang infus.


Hari Ini Ahok Akan Jadi Saksi Sidang Buni Yani

"Kita memang tetap menunggu, bagaimana caranya. Saksi lain saja yang sedang dalam terinfus diusahakan datang," katanya, di Gedung Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Bandung, Selasa (8/8).

Dalam sidang kali ini, JPU menghadirkan dua saksi ahli, yakni seorang ahli pidana, Irfan Siregar, dan satu orang ahli IT lainnya. 

Buni Yani harus dihadapkan dengan pengadilan lantaran disebut telah melakukan pengubahan terhadap rekaman video pidato Ahok di Kepulauan Seribu pada tanggal 27 September 2016 silam. Saat itu, Ahok menjabat gubernur DKI Jakarta. Selain itu, Buni Yani juga bermasalah dengan caption yang ditulisnya pada keterangan video tersebut.

TERUNGKAP! Najwa Shihab Tinggalkan Metro TV Karena Ini

Sebelumnya, seorang saksi, Ucok Edison, mengatakan bahwa yang membuat video Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sedang berpidato di Pulau Seribu menjadi viral adalah caption yang ditulis Buni Yani berikut durasi video yang lebih pendek. 

Najwa Shihab Pindah ke Jitunews? Pastinya Mengejutkan!

"Waktu itu enggak ada masalah, di video juga pada ketawa saat video yang panjang, yang dikomentari itu video dan caption Buni Yani," kata Ucok dalam kesaksiannya di sidang sebelumnya pada tanggal 1 Agustus 2017.

Absen di Sidang Buni Yani, Ahok Hanya Titipkan BAP

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari