logo


Cara Aman Membersihkan Monitor

Komputer dan laptop sudah menjadi hal utama bagi kehidupan kita. Tidak hanya sebagai alat yang dapat membantu kita dalam bekerja komputer dan laptop juga bisa kita gunakan sebagai sarana hiburan seperti bermain game, hingga menonton film.

8 Agustus 2017 11:07 WIB

Ilustrasi membersihkan monitor
Ilustrasi membersihkan monitor amazon.com

JITUNEWS.COM - Komputer dan laptop sudah menjadi hal utama bagi kehidupan kita. Tidak hanya sebagai alat yang dapat membantu kita dalam bekerja, komputer dan laptop juga bisa kita gunakan sebagai sarana hiburan seperti bermain game hingga menonton film.

Terlalu lama menggunakan komputer atau laptop tentunya akan membuat alat tersebut menjadi kotor dan berdebu. Lantas bagaimana cara aman membersihkan layar monitor pada komputer dan laptop?

1. Matikan Monitor
Bukan hanya sekedar menghindarkan aliran arus listrik pada monitor, mematikan layar monitor juga akan mempermudah kita untuk melihat debu atau kotoran yang masih menempel pada layar monitor.


Mengenal Apa itu Adware

2. Bersihkan debu dengan lap kering
Untuk membersihkakn layar monitor dari debu sebaiknya gunakan kain mikrofiber. Karena serat dari mikrofiber yang sangat lembut akan menghindarkan kita dari goresan yang akan timbul pada saat membersihkan monitor.

3. Semprotkan larutan pembersih pada kain
Jangan menyemprotkan larutan langsung ke monitor. Tetesan larutan dapat menyebabkan kegagalan fungsi dan kerusakan permanen. Sebaliknya, semprotkan larutan pembersih pada kain. Semprotkan larutan sedikit demi sedikit, karena kelebihan cairan dapat merusak layar dalam jangka panjang.

4. Bersihkan kotoran menggunakan kain tersebut
Buat gerakan lingkaran kecil, dan hindari tekanan langsung pada monitor. Jangan mengikis noda, biarkan pembersih yang menghapusnya.

5. Tunggu hingga monitor kering
Pastikan monitor telah kering sepenuhnya sebelum menyalakan ulang komputer. Ini akan meminimalkan risiko kelembaban merusak komponen internal.

Sering Cegukan ?? Ini solusinya..

Halaman: 
Penulis : Satria Budi