logo


Soal Setnov Baca Teks Proklamasi, Ray Rangkuti: Sebaiknya Wakil Rakyat Berprestasi Saja

Ray mengaku heran dengan sikap Presiden yang akan menunjuk Setnov sebagai pembaca teks proklamasi.

8 Agustus 2017 09:35 WIB

Direktut Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti
Direktut Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rencana Presiden Joko Widodo menunjuk Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Setya Novanto (Setnov), sebagai pembaca teks proklamasi dalam upacara Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Istana terus menuai berbagai protes dari berbagai pihak, salah satunya Direktur Eksekutif Lingkar Madani, Ray Rangkuti.

Ray mengaku heran dengan sikap Presiden yang akan menunjuk Setnov sebagai pembaca teks proklamasi. Pasalnya, hal tersebut dianggap akan mencederai kehormatan DPR RI.

"Seorang tersangka didapuk sebagai pembaca teks proklamasi sungguh ironis. Tindakan ini seperti mengoyak-oyak kehormatan moral anggota DPR sendiri," ujarnya di Jakarta, Senin (7/8) malam.


Panjat Pinang Indonesia di Usia 72 Tahun

Dalam hal ini, Ray menyarankan kepada Presiden Joko Widodo agar memilih wakil rakyat yang telah mempunyai prestasi baik untuk ditunjuk sebagai pembaca teks proklamasi di Istana Negara.

Menurutnya, hal tersebut dapat memacu kinerja para wakil rakyat lainnya untuk terus bersaing meraih prestasi.

"Hal ini juga memberi kehormatan kepada pemilih bahwa wakil mereka yang berprestasi mendapat tempat terhormat di republik ini," pungkasnya.

Kumpulan Fakta Tentang Kemerdekaan Indonesia

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugrahenny Putri Untari