logo


Arief Poyuono Dukung SP JICT Hentikan Aksi Mogok Kerja

Menurut Arief, langkah tersebut sekaligus menampik anggapan sebagian pihak yang mengatakan bahwa mogok SP JICT adalah untuk merusak ekonomi bangsa dan perusahaan.

8 Agustus 2017 09:30 WIB

Arief Poyuono, Wakil Ketua Umum Gerindra
Arief Poyuono, Wakil Ketua Umum Gerindra Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja (FSP) BUMN Bersatu, Arief Poyuono, mendukung langkah Ketua Serikat Pekerja Jakarta International Container Terminal (SP JICT), Nova Sofyan Hakim, yang menyerukan kawan-kawannya untuk menghentikan aksi mogok yang sudah berlangsung selama 5 hari.

"Sebuah langkah yang baik bagi SP JICT untuk menghentikan mogok kerja," terang Arief dalam keterangannya, Senin (7/8).

Menurut Arief, langkah tersebut sekaligus menampik anggapan sebagian pihak yang mengatakan bahwa mogok SP JICT adalah untuk merusak ekonomi bangsa dan perusahaan.


Soal 'Wajar PDIP Disebut PKI', Arief: Saya Bela Perkataan Prabowo di Cikeas

Sebelumnya, Nova Sofyan Hakim mengaku bahwa selama melakukan aksi, anggotanya kerap mendapatkan intimidasi. Arief berharap dengan berhentinya SP JICT berdemo, intimidasi itu juga ikut berhenti.

"Saya harap pasca mogok, Direksi JICT tidak boleh melakukan intimidasi dan pemberian surat peringatan kepada anggota SP. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kondusifitas di internal JICT, dan tidak boleh ada pencopotan jabatan terhadap anggota SP JICT yang kebetulan menjabat di jajaran manajemen JICT," tuturnya.

Sejak tahun 2014, SP JICT berjuang agar JICT dinasionalisasi. Rangkaian aksi itu menurut mereka untuk mencapai kemandirian ekonomi bangsa. Namun, alih-alih melakukan nasionalisasi, Pelindo II selaku induk perusahaan malah melakukan perpanjangan kontrak dengan Hutchison Port Indonesia (HPI) jilid II.

Arief yang melihat kegigihan SP JICT pun memberikan semangat agar mereka terus berjuang. Namun, kali ini caranya, menurut dia, dengan perundingan-perundingan. Dengan perundingan, Arief mengaku yakin bahwa perjuangan SP JICT akan cepat terealisasi.

"Yakinlah apa yang kawan-kawan SP JICT perjuangkan akan terealisasi demi tercapainya cita cita Trisakti Nawacita yang dicanangkan Pak Joko Widodo terutama dalam hal Kepelabuhan dan Jasa Logistik. Terus berjuang jangan mundur dengan apa yang telah kawan-kawan lakukan. Sebuah sinyal bahwa Serikat Pekerja itu punya kekuatan dan posisi tawar dalam menentukan arah pembangunan ekonomi Indonesia yang lebih bermartabat," pungkas Arief.

Dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Arief Poyuono: Biarin Saja, Saya Sudah Klarifikasi

Halaman: 
Penulis : Riana