logo


Bagi Pengguna Android Berhati-hatilah dengan Malware yang Satu Ini

Bagi yang menggunakan ponsel berbasis Andoid, berhati-hatilah terhadap malware yang satu ini. Svpeng adalah salah satu malware yang paling berbahaya yang ada pada ponsel berbasis Android.

3 Agustus 2017 14:36 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. net

JITUNEWS.COM - Bagi yang menggunakan ponsel berbasis Andoid, berhati-hatilah terhadap malware yang satu ini. Svpeng adalah salah satu malware yang paling berbahaya yang ada pada ponsel berbasis Android.

Sperti yang dirangkum dari Gadgets Now, Menurut perusahaan keamanan Rusia Kaspersky, pihaknya telah menemukan sebuah modifikasi baru dari keluarga malware mobile banking Svpeng - Trojan-Banker.AndroidOS.Svpeng.ae. Pada pembaharuan malware ini, malware ini berfunsi sebagai keylogger yang mencuri teks yang masuk melalui penggunaan layanan aksesibilitas.

Tidak hanya itu malware ini juga membuat dirinya memiliki akses yang lebih pada ponsel Android yang membuatnya sulit untuk di hapus. Svpeng juga melapisi beberapa aplikasi Google untuk mencuri detail kartu kredit. Namun, untungnya data menunjukkan bahwa versi terbaru dari malware masih belum menyebar luas.


Ponsel Flip Samsung Bernama Leadership 8

Laporan Kaspersky pada minggu ini menunjukkan hanya ada sejumlah serangan kecil dari malware tersebut. ebagian besar pengguna yang terkena serangan berada di Rusia (29%), Jerman (27%), Turki (15%), Polandia (6%) dan Prancis (3%).

Malware Svpeng pertama kali terdeteksi pada tahun 2013. Ini adalah salah satu malware pertama yang meluncurkan serangan pada SMS banking, menggunakan halaman phishing untuk melapisi aplikasi lain untuk mencuri kepercayaan, dan memblokir perangkat dan meminta uang. Pada tahun 2016, penjahat dunia maya dikatakan secara aktif mendistribusikan Svpeng melalui AdSense menggunakan kerentanan di browser Google Chrome.

Sedangkan untuk distribusinya, Trojan-Banker.AndroidOS.Svpeng.ae mendapat penyebaran melalui situs-situs berbahaya sebagai flash player palsu. Teknik jahat malware bahkan dapat bekerja pada perangkat Android yang diperbarui sepenuhnya, termasuk yang menginstal semua pembaruan keamanan. Dengan hanya mengakses satu fitur sistem Trojan ini kabarnya bisa mendapatkan semua hak tambahan yang diperlukan dan mencuri data.

Saat Ini Ada Dapat Mengirim Uang Melalui PayPal dari Aplikasi Skype

Halaman: 
Penulis : Satria Budi
 
×
×