logo


PKB Rilis Nama Cagub, Agung Suryamal Diunggulkan

Yusuf menyatakan, popularitas Agung Suryamal kian melambung sebab didukung adanya tren masuknya pengusaha ke dalam dunia perpolitikan seperti yang terjadi di Jakarta, yaitu terpilihnya Sandiaga Uno menjadi Wakil Gubernur Jakarta

3 Agustus 2017 14:30 WIB

Agung Suryamal saat menghadiri Musyawarah Wilayah ke IV PKB di Bekasi, Jawa Barat
Agung Suryamal saat menghadiri Musyawarah Wilayah ke IV PKB di Bekasi, Jawa Barat ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Musyawarah Wilayah (Muswil) ke IV PKB yang digelar di kota Bekasi dibuka langsung oleh Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.

Agenda tersebut merupakan momentum ta'aruf bagi empat tokoh yang akan di usung oleh PKB yakni Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi; Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil; Ketua Umum Kadin Jabar, Agung Suryamal; serta Helmy Faishal Zaini yang merupakan Sekjen PBNU.

Pengamat dari Lembaga Kajian Aliansi Masyarakat untuk HAM dan Demokrasi (AMANDEMEN), Yusuf Hermawan, menilai, Agung Suryamal merupakan kandidat kuat PKB pada Muswil itu.


Agung Suryamal Siap Lawan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

"Dari empat kandidat PKB yang dirilis. Agung punya keunggulan. Beliau lebih moderat, relatif diterima semua kalangan, paham soal ekonomi, dan tidak punya dosa politik karena bukan politisi," kata Yusuf, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/8).

Yusuf menyatakan, popularitas Agung Suryamal kian melambung sebab didukung oleh adanya tren masuknya pengusaha ke dalam dunia perpolitikan seperti yang terjadi di Jakarta, yaitu terpilihnya Sandiaga Uno menjadi Wakil Gubernur Jakarta

"Saya rasa sekarang ada tren tidak melulu unsur politisi, tren memperlihatkan justru ekonom yg lebih dilirik parpol ya. Jadi kalau empat kandidat, tiga di antaranya politisi, Agung tokoh alternatif yang sangat berpeluang" imbuh Yusuf.

Bagi Yusuf, kemungkinan PKB mengusung Agung Suryamal bukanlah sesuatu yang mustahil. Hal ini bisa dianalisis dari pidato politik sang Ketum PKB, Muhaimin Iskandar, yang menyatakan partainya harus mengubah strategi demi menjemput kemenangan tahun 2019.

"Jika ada tarik menarik di internal parpol, justru Agung yang berpeluang. Karena bukan dari partai. Bisa saja PKB keluar nama ini menjadi figur alternatif yang tak terduga khalayak ramai, seperti sinyal pidato Muhaimin yang mengubah strategi," tutup Yusuf.

 

Pasangan Deddy Mizwar-Agung Suryamal Dinilai Cocok

Halaman: 
Penulis : Riana