logo


Mengenal Apa Itu Bitcoin

Pernah mungkin sebagian dari kita mendengar atau pernah melihat iklan yang memperlihatkan penerimaan pembayaran memalui Bitcoin. Lantas apa itu Bitcoin? Seperti apa bentuknya?...

2 Agustus 2017 16:02 WIB

Ilustrasi Bitcoin. Semua Foto di dalam artikel ini diupload oleh penulis
Ilustrasi Bitcoin. Semua Foto di dalam artikel ini diupload oleh penulis "Suara Kita". Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap dampak yang mungkin timbul dari pengunggahan foto-foto tersebut.
dibaca 581 x

Pernah mungkin sebagian dari kita mendengar atau pernah melihat iklan yang memperlihatkan penerimaan pembayaran memalui Bitcoin. Lantas apa itu Bitcoin? Seperti apa bentuknya?

Bitcoin merupakan mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Sama halnya dengan alat transaksi yang biasa kita gunakan sehari-hari, saat ini banyak tempat sudah menerima pembayaran dengan menggunakan Bitcoin.

Jangan kita bayangkan bahwa Bitcoin itu bentuknya seperti uang Rupiah atau Dolar, akan tetapi Bitcoin sendiri bentuknya adalah sebuah file komputer.


Istri Minta 3 Ronde dalam Semalam? Siapa Takut!

File tersebut merupakan enskripsi dari kode-kode unik yang menjadikannya tidak sama satu dengan yang lain. Dan seperti file mp3 atau word yang anda miliki pada kompute. File BitCoin juga dapat disimpan dalam komputer, flash disk, atau software yang dinamakan BitCoin Digital Wallet.

Jumlah Bitcoin hanya akan ada sebanyak 21 juta di seluruh dunia. Sistem penciptaan Bitcoin yang terus berkurang setiap 4 tahun sekali ini menyerupai sistem ekonomi berdasarkan deflasi dan dengan makin terbatasnya supply bitcoin, harga bitcoin cenderung naik.

Harga dari 1 Bitcoin terbilang cukup fantastis. Hari ini tanggal 2 Agustus 2017 harga perBircoin mencapai 36,4 juta rupiah. Harga 1 Bitcoin saat ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Cara mendapatkan Bitcoin terbilang sangat aneh bagi sebagian orang. Proses penciptaan bitcoin disebut bitcoin mining, caranya kita mendownload sebuah software gratis dari website bitcoin, jalankan di computer anda, lalu setelah beberapa saat software tersebut akan ‘mencetak’ bitcoin untuk anda.

Jika kita sederhanakan cara kerja software pencetak bitcoin adalah software yang befungsi memecahkan satu password dengan cara menebak huruf per huruf , dan angka per angka, dan jika software tersebut berhasil menebak passwordnya maka munculah satu bitcoin untuk anda.

Ditulis oleh: Satria Budi

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Ketika Coutinho Jadi Incaran Empuk untuk 'Digondol' dari Anfield

Halaman: 
Admin : Satria Budi