logo


Ketika Coutinho Jadi Incaran Empuk untuk 'Digondol' dari Anfield

Coutinho sendiri merupakan salah satu tumpuan utama Jurgen Klopp dkk dan merupakan salah satu gelandang terbaik dunia.

1 Agustus 2017 18:40 WIB

Philippe Coutinho
Philippe Coutinho Sky Sports
dibaca 385 x

Liverpool FC (LFC) sedang galau. Pasalnya, salah satu pemain unggulan, Philippe Coutinho, kini sedang masuk dalam incaran Barcelona FC untuk 'digondol' dari Anfield musim ini. Jika pertanyaan 'Rela kah Coutinho pergi dari Liverpool?' disodorkan ke para Kopites -- sebutan untuk pendukung LFC -- 90 persen pasti menjawab 'Tidak'.

Jawaban tersebut bukan lah tanpa alasan. Coutinho sendiri merupakan salah satu tumpuan utama Jurgen Klopp dkk dan merupakan salah satu gelandang terbaik dunia. Tidak heran sebutan 'The Magician' melekat pada dirinya.

LFC sendiri dapat mendulang pendapatan yang luar biasa jika Coutinho hengkang dari LFC ke Barcelona. Barcelona sendiri disebut telah mengajukan penawaran yang cukup fantastis. Klub raksasa Spanyol tersebut diketahui berani menggelontorkan dana sebesar 72 juta poundsterling. Wow. 


Video Pejabat Mengamuk di Pasar Bikin Geger Netizen

Sebagai manajer, Klopp sendiri telah menunjukkan sinyal enggan menjual Coutinho. Tentu saja. Kreativitas Coutinho semakin terlihat setelah dirinya dikembalikan ke posisi gelandang tengah. Terlebih lagi, sekarang sudah ada Mohamed Salah yang tentu saja semakin mempertajam alur serangan LFC. 

Mantan Direktur Sepak Bola LFC, Damien Comolli, tidak menampik kepergian Coutinho nantinya bisa saja menjadi bencana bagi LFC. Ia pun menyebut LFC dapat dengan tegas mengatakan bahwa mereka tidak akan menjual Coutinho. LFC berhak untuk mengatakan 'tidak' kepada Barcelona.

"Ini akan sangat sulit, hampir tidak mungkin, untuk menggantikan Coutinho dengan pemain yang mirip dalam hal keterampilan dan pengetahuan tentang Liga Primer Inggris," kata Damien kepada talkSPORT.

"Saya tidak yakin LFC bersedia menjualnya, tapi jika mereka tidak ingin Coutinho pergi, mereka cukup katakan 'tidak' saja," tambahnya.

Menjual Coutinho memang dirasa cukup berat, lantaran dirinya telah membawa perubahan cukup signifikan dalam kurun waktu 1-2 tahun terakhir terhadap persepakbolaan dunia, terutama Liga Inggris.

Sedikit kilas balik Comolli soal Luis Suarez yang dulu juga pernah menyandang status 'sweetheart'-nya LFC.

"Dalam kesepakatan yang kami lakukan dengan Luis Suarez, dia mengatakan satu hal kepada saya: jika Real Madrid atau Barcelona datang untuk saya, maukah Anda melepaskan saya?" katanya.

Nah, jika demikian, bagaimana jika si pemain sendiri yang menginginkan hengkang? Comolli punya alasan tersendiri. Menurutnya, meski pemain ingin pergi, nasib dan keputusan tetap berada di tangan klub.

Ya kalau begini tinggal kesepakatan pemain dengan klubnya saja. Tentunya Kopites tidak akan pernah melupakan 'tragedi' transfer Fernando Torres yang hengkang ke Chelsea beberapa waktu silam. Bagaimana tidak, kesepakatan transfer muncul di momen-momen terakhir bursa transfer.

Comolli juga menyebut bahwa klub-klub di Liga Inggris pada dasarnya tidak terlalu ambil pusing soal uang. Menurutnya, tidak ada kekhawatiran lantaran hak siar Liga Inggris saja sudah sangat bernilai tinggi, belum lagi iklan, sponsor, dan penampilan lainnya.

Ada perkataan 'No one bigger than the club'. Ya, hal itu lah yang selalu menjadi dasar, bahwa pemain bisa datang dan pergi, dan itu wajar. Yang terpenting adalah kelangsungan tim itu sendiri. Bukan berarti pemain pergi lantas semuanya bubar berantakan atau kiamat kan. Nah, seorang Steven Gerrard saja dulu sempat hengkang ke LA Galaxy.

Selain itu juga tergantung apa dasar seorang pemain hengkang. Misalnya, Torres yang mungkin saat itu 'sudah lelah' tidak pernah juara - setelah pindah dia angkat trofi Liga Champions tapi nampaknya ia tidak bahagia juga - atau Gerrard yang hengkang untuk regenerasi pemain di LFC, lalu bagaimana dengan Coutinho?

Ditulis oleh: Henny Untari

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

ISSI Jateng Siapkan Atlet Andalan untuk Ajang 'Tour de Indonesia'

Halaman: 
Admin : Aurora Denata