logo


Terbongkar, Peredaran Narkoba Liquid High untuk Vape

Informasi tentang adanya penjualan narkoba serupa diketahui polisi dari laporan masyarakat. Polisi pun berhasil mendeteksi akun Instagram atas nama Mamen Liq, salah satu yang dicurigai berperan sebagai penjual.

1 Agustus 2017 18:22 WIB

Botol Liquid yang disita.
Botol Liquid yang disita. Detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pihak Kepolisian berhasil mengungkap modus peredaran narkoba dengan jenis mirip liquid untuk vape alias rokok elektrik. Dari hasil pengungkapan, polisi menemukan peredaran liquid high melalui media sosial instagram.

Dalam penanganan kasus itu, Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya telah menangkap 3 orang. Awalnya, informasi tentang adanya penjualan narkoba serupa diketahui polisi dari laporan masyarakat. Polisi pun berhasil mendeteksi akun Instagram atas nama Mamen Liq, salah satu yang dicurigai berperan sebagai penjual.

Wakil Direktur Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Gideon Arif, Selasa (1/8/2017) mengatakan, setelah berhasil mendeteksi akun instagram atas nama Mamen Liq, polisi kemudian menyamar dengan berpura-pura berperan sebagai pembeli. Polisi memesan barang yang dijual dengan harga Rp 2,5 juta untuk ukuran 60 ml.


Petugas Tangkap Empat Pengedar Sabu Jaringan Jakbar untuk Pelajar dan Mahasiswa

Polisi kemudian menangkap Martino Saputra yang menyerahkan barang tersebut. Dari tangan Martino, polisi menyita sejumlah barang bukti, di antaranya 3 buah botol cairan liquid high yang berisi 5 ml.

Selain Martino, polisi juga menangkap Gantes Wattimuri di Johar Baru, Jakarta Pusat. Sejumlah barang bukti juga disita polisi dari tangan Gantes.

"Narkotika itu kita sita dan pengungkapannya tanggal 6 Juli, setelah melakukan pengembangan. Kita berupaya maksimal sampai sekarang, sehingga baru bisa disampaikan sekarang. Kami masih pengembangan sel ke bawah sampai ke atas," ujar Arif di Mapolda Metro Jaya, Selasa (1/8/2017).

Arif mengatakan, polisi juga telah menangkap Wawan di kawasan Semanggi. Dari hasil pemeriksaan, liquid high tersebut mengandung narkotika jenis 5-Fluoro ADB. Menurut Arif, narkotika liquid high merupakan jenis baru dan dapat membuat pengguna mabuk dan muntah-muntah. Biasanya, cairan berbahaya tersebut dikonsumsi dengan dimasukkan ke vape, lalu diisap.

Polisi Gagalkan Upaya Penyelundupan Ganja 480 Kg

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas