logo


Cerita Mantan Menteri ESDM yang Pernah Jadi Kernet Angkutan Desa

Siapa sangka, mantan kernet angkutan desa ini bisa menjadi menteri.

31 Juli 2017 08:13 WIB

Sudirman Said.
Sudirman Said. Jitunews/Citra Fitri Mardiana

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Siapa sangka Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada era Presiden Joko Widodo ini merupakan mantan kernet. Dia adalah Sudirman Said yang sempat mengungkap kasus papa minta saham.

Saat mensosialisasikan diri menjadi Calon Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said menceritakan kisah masa lalunya yang sempat menjadi kernet angkutan desa. Masa sulit itu ia lalui sewaktu masih sekolah, di kampung halamannya, Brebes Jawa Tengah.

“Saya menjadi kernet angkutan pedesaan di kampung kelahiran saya, Kabupaten Brebes,” katanya, Minggu malam (30/7).


Nah Lho, Ternyata Dhani dan Mulan Tak Masuk Tim Kerja Anies-Sandi!

Lebih lanjut, ia bercerita bahwa kisah masa lalunya yang sulit berawal dari kepergian sang ayah sewaktu Sudirman Said masih duduk di bangku kelas 4 SD. Biaya untuk kebutuhan sekolah tentu saja tersendat. Ia harus menumpang di rumah saudaranya sambil membantu pekerjaan rumah.

“Sambil sekolah SMP hingga SMA, setelah itu enggak mikir bisa kuliah,” cetusnya.

Kendati demikian, memang nasib orang tidak ada yang tahu. Menjelang kelulusannya dari SMA, ia malah diterima di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Di sanalah kehidupannya berangsur berubah. Usai mengenyam pendidikan di STAN, Sudirman Said mengaku mewakafkan dirinya untuk publik.

“Sesuatu yang dampaknya lebih luas. Saya bukan orang yang punya uang banyak, tapi cukup untuk menyekolahkan anak-anak saya,” ujarnya.

Soal Pilgub Jateng, Sudirman Said Tak Mau Taklukan 'Kandang Banteng' Tapi Sentuh Hati Rakyat

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari