logo


Peringatan Hari Bakti Angkatan Udara ke-70, Dedikasi untuk Para Pejuang AURI

Peringatan Hari Bakti TNI AU merupakan bentuk dedikasi yang diberikan kepada pejuang AURI yang telah berhasil melakukan tindakan sangat berani dalam serangan udara terhadap tangsi militer kubu penjajah.

29 Juli 2017 12:30 WIB

Peringatan Hari Bakti Angkatan Udara ke-70 tahun 2017 di Lapangan Dirgantara, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Sabtu (29/7).
Peringatan Hari Bakti Angkatan Udara ke-70 tahun 2017 di Lapangan Dirgantara, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Sabtu (29/7). Ist

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, memimpin langsung upacara peringatan Hari Bakti Angkatan Udara ke-70 tahun 2017 di Lapangan Dirgantara, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Sabtu (29/7).

Kasau menjelaskan bahwa Peringatan Hari Bakti TNI AU merupakan bentuk dedikasi yang diberikan kepada pejuang AURI yang telah berhasil melakukan tindakan sangat berani dalam serangan udara terhadap tangsi militer kubu penjajah Belanda di Ambarawa, Salatiga, dan Semarang pada tanggal 29 Juli 1947 silam.

Namun, lanjut Hadi, keberhasilan tentara Indonesia itu harus ditebus dengan pengorbanan kusuma bangsa seiring dengan musibah yang menimpa pesawat Dakota VT-CLA yang ditembak jatuh oleh Pesawat Kitty Hawk Belanda. Dalam peristiwa itu, telah gugur perintis TNI AU, Komodor Muda Udara (Kolonel) Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Abdulrachman Saleh, Opsir Muda Udara I (Lettu) Adisumarmo.


Kasau Pimpin Upacara Napak Tilas Pejuang Auri 29 Juli 1947

Menurutnya, keteladanan yang diwariskan dari peristiwa tersebut merupakan bukti keberanian, dedikasi dan cinta tanah air pemuda-pemuda Indonesia pada waktu itu.

Kasau berharap teladan jiwa patriotisme dan rasa nasionalisme para pahlawan dan perintis TNI dapat diimplementasikan dalam tugas, fungsi dan peran masing-masing.

"Mari terus berjuang, berkarya, melakukan inovasi-inovasi guna membangun bangsa agar menjadi negara yang lebih berwibawa di mata dunia," pungkasnya.

Hadir dalam acara Hari Bakti Angkatan Udara ke-70 tersebut, Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X; Kapolda DI Yogyakarta, Brigjend Pol Ahmad Dofiri; dan Komandan Korem 072/PMK Yogyakarta, Fajar Setyawan, S.Ip.

Kasau Pimpin Ziarah ke Monumen Perjuangan TNI AU

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugrahenny Putri Untari