logo


Kasau Pimpin Ziarah ke Monumen Perjuangan TNI AU

Tanggal 29 Juli adalah tanggal yang paling bersejarah dan begitu mengenang bagi TNI AU.

29 Juli 2017 10:40 WIB

Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Hadi Tjahjanto, memimpin ziarah rombongan dalam rangka peringatan Hari Bhakti TNI Angkatan Udara ke-70 di Monumen Perjuangan TNI AU, Yogyakarta, Jumat (28/7).
Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Hadi Tjahjanto, memimpin ziarah rombongan dalam rangka peringatan Hari Bhakti TNI Angkatan Udara ke-70 di Monumen Perjuangan TNI AU, Yogyakarta, Jumat (28/7). Ist

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Hadi Tjahjanto, memimpin ziarah rombongan dalam rangka peringatan Hari Bhakti TNI Angkatan Udara ke-70 di Monumen Perjuangan TNI AU, Yogyakarta, pada hari Jumat, tanggal, 28 Juli 2017.

Menurutnya, tanggal 29 Juli adalah tanggal yang paling bersejarah bagi TNI AU karena pada tanggal itu tahun 1947 yang lalu telah terjadi peristiwa heroik penyerangan kadet-kadet TNI AU melakukan pengeboman di Ambarawa, Salatiga, dan Semarang.

Hadi melanjutkan, dengan adanya pengeboman tersebut, pada sore harinya mengakibatkan terjadi penembakan terhadap pesawat yang membawa obat-obatan dari Malaya di tembak oleh pesawat Kitty Halk milik Belanda dan pada waktu itu gugur di antaranya Komodor Abdurahman Saleh, Komodor Adi Sutjipto, dan Opsir Muda Adisumarmo Wiryokusumo.


Atraksi Jupiter Aerobatic Team Masih Jadi Primadona Dirgantara Expo 2017

"Kita sebagai bangsa Indonesia selalu mengenang perjuangan para pahlawan dan itu sebagai tradisi baik. Seperti kata Bung Karno, 'Jas merah' jangan sekali-kali melupakan sejarah," tuturnya.

Hadi menambahkan, dari peristiwa itu terdapat nilai-nilai perjuangan serta rela berkorban. Nilai-nilai itulah yang sekarang ditanamkan kepada prajurit-prajurit Angkatan Udara.

"Pada saat kekinian kita memiliki pesawat-pesawat yang modern, apabila pilotnya tidak memiliki jiwa atau nilai-nilai daya juang dan satria itu, tidak mungkin bisa mengawaki dan bisa melaksanakan pengamanan NKRI yang kita banggakan," pungkasnya.

Kasau Pimpin Upacara Napak Tilas Pejuang Auri 29 Juli 1947

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugrahenny Putri Untari