logo


Pedagang Sebut Pasokan Beras di PBIC Tetap Stabil

Asosiasi Pedagang dan Pelaku Usaha PBIC meminta pemerintah menetapkan HET beras berdasarkan klasifikasi dan kualitasnya demi keleluasaan pedagang.

26 Juli 2017 13:30 WIB

Aktifitas pedagang beras di Pasar Induk Cipinang
Aktifitas pedagang beras di Pasar Induk Cipinang Jitunews/Ferro Maulana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Asosiasi Pedagang Beras PBIC, Nelis Soe Kedi, mengatakan bahwa sampai saat ini pasokan beras di Pasar Beras Induk Cipinang (PBIC) masih cukup stabil.

"Pasokan beras selama ini masi tetap stabil belum ada perubahan," kata Nelis, dalam keterangan tertulisnya kepada Jitunews.com, Rabu (26/7).

Lebih lanjut, Nelis menjelaskan bahwa pasokan beras di pasar Induk Cipinang untuk setiap harinya mencapai 2.500 hingga 3.000 ton.


Jubir PT IBU: Angka 25 Persen di Kemasan Beras 'Ayam Jago' Adalah AKG

Sementara itu, untuk kapasitas gudang yang tersedia di pasar juga masih stabil di angka 40.000 ton.

"Kalaupun ada yang berkurang, hanya pasokan kualitas premium, karena harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah belum mengaturnya," tuturnya.

Untuk kisaran harga beras sendiri, Nelis menyebutkan bahwa harga beras yang dijual pedagang tiap harinya sekitar Rp 8.000- Rp9.000/kg untuk kualitas medium, premium Rp 10.000- Rp 12.500/kg, dan premium khusus kisaran Rp 13.000- Rp15.000/Kg.

Untuk itu, Asosiasi Pedagang dan Pelaku Usaha PBIC meminta pemerintah menetapkan HET beras berdasarkan klasifikasi dan kualitasnya demi keleluasaan pedagang.

"Mohon ditinjau HET-nya, terutama untuk beras premium dan khusus," pungkasnya.

Presiden PKS Minta Kasus Beras PT IBU Tak Dikaitkan dengan PKS

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana