logo


Mendikbud Dilantik Jadi Presiden Organisasi Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara

Indonesia diharapkan dapat memperoleh capaian kinerja yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan di Asia Tenggara.

26 Juli 2017 05:21 WIB

Konferensi Tingkat Menteri Pendidikan Asia Tenggara ke-49 berlangsung pada tanggal 24 s.d. 27 Juli 2017.
Konferensi Tingkat Menteri Pendidikan Asia Tenggara ke-49 berlangsung pada tanggal 24 s.d. 27 Juli 2017. Kemdikbud RI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI), Muhadjir Effendy, dilantik menjadi presiden Southeast Asian Ministers Of Education Organization (SEAMEO) Council periode 2017 s.d. 2019 menggantikan Menteri Pendidikan Thailand, Teerakiat Jareonsettasin. SEAMEO sendiri merupakan sebuah organisasi menteri pendidikan se-Asia Tenggara.

Dalam sambutannya, Muhadjir mengatakan bahwa peran SEAMEO tidak terbatas sebagai wadah saja, tetapi juga sebagai tempat dan sarana berbagai gagasan serta ide guna mengembangkan sektor pendidikan menuju masa depan yang lebih baik lagi.

"SEAMEO dapat memperbaiki kualitas hidup manusia dan SEAMEO disediakan bukan hanya sebagai wadah pendidikan saja, tetapi juga sebagai tempat untuk berbagi ide atau gagasan berdasarkan praktek, dan lain-lain," ujar Muhadjir, saat peringatan hari jadi SEAMEO ke-49, di Jakarta, Selasa (25/7).


Presiden Minta Guru Tanamkan Jiwa Sosial kepada Anak Didik

Indonesia diharapkan dapat memperoleh capaian kinerja yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan di Asia Tenggara melalui berbagai program unggulan pendidikan bagi kawasan sekaligus memberikan peluang peningkatan kerja sama pendidikan bagi Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pendidikan Thailand, Teerakiat Jareonsettasin, berharap SEAMEO dapat menjadi salah satu contoh kesatuan dalam keberagaman. 

"Kita dapat bersatu untuk memperoleh pencapaian ini, saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi," ujar Teerakiat, saat pidato sambutan hasil pencapaian kinerja SEAMEO Council. 

Pertemuan SEAMEO ke-49 sendiri berlangsung di Jakarta pada tanggal 24 s.d. 27 Juli 2017 dan diikuti oleh 11 negara: Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Lao PDR, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

Jokowi Setuju Penguatan Pendidikan Karakter di Pesantren, MUI Sambut Bahagia

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari