logo


Ada Potensi Berbahaya dari Urine yang Berbau, Benarkah?

Saat anda kurang minum, maka air kencing akan berbau amonia. Tanpa cukup air untuk mengencerkan urine terkonsentrasi dengan produk buangan. Oleh karenanya berwarna gelap dan lebih bau.

25 Juli 2017 14:48 WIB

 Semua Foto di dalam artikel ini diupload oleh penulis 'Suara Kita'. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap dampak yang mungkin timbul dari pengunggahan foto-foto tersebut.
Semua Foto di dalam artikel ini diupload oleh penulis 'Suara Kita'. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap dampak yang mungkin timbul dari pengunggahan foto-foto tersebut.
dibaca 4163 x

"Urine normal, jika kita cukup minum lazimnnya memiliki bau yang tak tajam," kata Urologis Ojas Shah MD yang juga profesor di Columbia University Medical Center.

Berikut adalah hal hal yang membuat urine berbau, dari yang tak menimbulkan masalah hingga mungkin berbahaya.

1. Dehidrasi


Jangan Sering Makan Kentang Goreng! Pemicu Kanker Lho

Saat anda kurang minum, maka air kencing akan berbau amonia. Tanpa cukup air untuk mengencerkan urine terkonsentrasi dengan produk buangan. Oleh karenanya berwarna gelap dan lebih bau. Dengan minum yang lebih banyak, bau akan hilang dengan sendirinya.

2. Ada masalah infeksi saluran kencing

"Infeksi urine akan membuat urine berbau," kata Shah. Ini bisa menjadi sinyal masalah kandung kemih yang beragam seperti infeksi saluran kencing, infeksi kandung kemih atau inflamasi kandung kemih (cystitits).

3. Banyak Minum Kopi

Minum banyak kopi di saat hari melelahkan, mungkin air kencing berbau kopi. Shah menjelaskan tak ada yang tahu alasan pastinya. Ada semacam efek sampingan setelah kopi dicerna dengan menahan baunya. Jadi kita masih menyimpan baunya ketika dibuang lewat air kencing.

4. Makan banyak bawang merah dan bawang putih

bawang tak hanya membuat bau mulut saja, tetapi juga membuat urine berbau. Shah menjelaskan sesuatu yang dihasilkan tubuh ketika mencerna makanan, menyimpan baunya diurine.

5. Makan Asparagus

Asparagus menyebabkan urine berbau meskipun tak semua yang memakan asparagus jadi berbau asparagus ketika buang air kecil.

"Ini terjadi karena ada enzim di tubuh yang mencerna asparagus yang membuatnya jadi berbau khusus," kata Shah.

Ada orang yang tak memiliki enzim tersebut dan ada karenanya tak bermasalah dengan urine berbau ketika memakan asparagus.

6. Usus bocor ke kandung Kemih

Foto-foto Chef Marinka yang Bikin Gemas Netizen

Fistula adalah koneksi abnormal antara dua bagian tubuh yang dapat berkembang sebagai akibat dari cidera, infeksi, bedah atau radang.

"Fistula dapat terjadi diantara kandung kemih dan usus," jelas Shah.

Hal itu dapat mencampurkan isi usus dan kandung kemih dan membuat urine berbau tak enak.

Ditulis oleh: Nabill

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Begini Cara Atasi Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari Secara Mudah

Halaman: 
Admin : Syukron Fadillah