logo


Meski Cerdik Menyembunyikan Sabu, Pengedar Asal China Akhirnya Tertangkap Petugas

Dalam kasus ini, petugas berhasil mengamankan dua tersangka yang mengaku mendapatkan barang haram tersebut dari kota Guangzhow.

24 Juli 2017 21:55 WIB

Ilustrasi narkoba jenis sabu.
Ilustrasi narkoba jenis sabu. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Aparat Kepolisian kembali berhasil menangkap dua warga negara asal Tiongkok yang nekat menyelundupkan narkoba jenis sabu seberat 41,557 kilogram (kg) ke Indonesia dengan cara dimasukkan ke dalam meja payung (atau tenda taman).

Direktur Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Nico Afinta menerangkan, bahwa pelaku diketahui berinisial 'LY' dan 'LX' ditangkap pada Selasa (18/07/2017) lalu, di sebuah ruko dan rumah susun (rusun) di Perumahan Taman Surya, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat.

"Modus dengan menyembunyikan sabu ke dalam meja payung. Mereka (pelaku) berpura-pura kerja di restoran. Ada dua tersangka, 'LY' dan 'LX'," terang Kombes Pol Nico kepada pewarta, di Jakarta, Senin (24/7) siang.


Tim Gabungan Satpol PP Amankan 25 Gram Sabu dari Dalam Oven

Kedua tersangka memperoleh narkoba tersebut dari kota Guangzhow, Tiongkok di mana dibungkus kertas aluminium foil untuk mengelabuhi petugas. Selanjutnya, dikirim melalui perusahaan ekspedisi melewati Laut China Selatan, Portklang Malaysia, Dumai Pekanbaru, hingga tiba di Jakarta.
Lalu, meja payung yang berisi narkoba itu disimpan oleh kedua pelaku di sebuah ruko yang telah disewanya.

"Hasil penggeledahan ditemukan sebuah pelat besi mencurigakan. Setelah dibongkar di dalamnya ditemukan 32 bungkus paket yang dilapisi kertas aluminium foil yang ternyata narkotika jenis sabu," tutur Kombes Pol Nico.

Ketika dilakukan penangkapan, tersangka 'LX' yang bertubuh besar dan kekar tersebut mencoba melawan petugas dengan cara berusaha merebut senjata polisi sehingga terpaksa ditembak di tempat.

"Dia mencoba merebut senjata petugas pas kita mau ke TKP. Sehingga kami tindak tegas. Jasadnya sekarang di RS Polri Kramat Jati, sedang diautopsi," sambung Kombes Pol Nico menambahkan.

Atas perbuatannya pelaku 'LY' disangkakan dengan pasal 114 Ayat 2 juncto 132 Ayat 1 subsider Pasal 112 Ayat 2 juncto 132 Ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana hukuman mati atau penjara seumur hidup.

Sabu dan Pasangan Bukan Pasutri Berhasil Terjaring Razia di Sanggau

Halaman: 
Penulis : Ferro Maulana, Ratna Wilandari