logo


TNI AU Beri Layanan Kesehatan Gratis untuk Warga Banyumas

Memperingati hari Bhakti AU ke-70, yang akan jatuh pada tanggal 29 Juli 2017, TNI AU menggelar kegiatan bakti sosial dan karya bakti.

24 Juli 2017 20:01 WIB

Petugas kesehatan TNI AU memeriksa warga yang mengikuti pengobatan gratis dalam kegiatan bakti sosial di Kecamatan Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (23/7).
Petugas kesehatan TNI AU memeriksa warga yang mengikuti pengobatan gratis dalam kegiatan bakti sosial di Kecamatan Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (23/7). Jitunews/Rezaldy

BANYUMAS, JITUNEWS.COM - Memperingati hari Bhakti AU ke-70, yang akan jatuh pada tanggal 29 Juli 2017, TNI AU menggelar kegiatan bakti sosial dan karya bakti. Kegiatan yang dipusatkan di aula Pendopo Kecamatan Banyumas dan SDN Kedunguter Kecamatan Banyumas ini, dihadiri Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini Nanny Hadi Tjahjanto, Minggu (23/7).

Untuk kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis bagi warga Banyumas dan sekitarnya, sementara karya bakti berupa pembangunan/renovasi fisik sarana dan prasarana umum. Macam layanan kesehatan gratis yang digelar meliputi pengobatan umum, pengobatan gigi, operasi bedah minor, bibir sumbing, khitanan, operasi katarak, pemeriksaan IVA (lineksi visual dengan asam asetap) serta pembagian kaca mata baca.


Sembilan Pati TNI AU Naik Pangkat

Sementara pembangunan/renovasi sarana dan prasarana umum dilaksanakan di empat desa meliputi desa Kepunden, Kalisube, Papringan dan Pasinggangan. Bentuk pembangunan fisik meliputi rehab bangunan TPQ, mushola, bedah rumah, renovasi bangunan kelompok bermain dan renovasi pemakaman. Kegiatan pembangunan/renovasi sarana prasarana dilaksanakan dari tanggal 25 Mei sampai dengan 20 Juli 2017.

Untuk pelayanan kesehatan, TNI AU bersinergi dengan Walubi dan YKI serta instansi terkait lainnya. Sasaran pelayanan kesehatan masing-masing adalah kesehatan umum sebanyak 2500-3000 orang, pelayanan kesehatan gigi 400 orang, operasi bibir sumbing 20 orang, operasi bedah minor 75 orang, operasi katarak 100 orang, khitanan massal 200 orang dan pemberian kaca mata plus dan m,inus sebanyal 2000 orang dan pemeriksaan IVA 500 orang.

Selain itu juga dilaksanakan pelatihan/kursus keterampilan oleh PIA Ardhya Garini Pengurus Pusat. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan keterampilan bagi kelompok ibu-ibu PKK, dalam bentuk pelatihan keterampilan bagi kelompok ibu-ibu PKK seperti memasak mie ayam sehat, membuat pernak-pernik dari koran bekas, membuat decoupage di atas kaca, membuat tanaman hidroponik serta membuat mainan anak-anak dari barang bekas. TNI AU juga melaksanakan sosialisasi rekruitmen prajurit dan ceramah bahaya narkoba kepada siswa SMA di Banyumas.

TNI AU dan KPK Kerja Sama Selidiki Pembelian Heli AgustaWestland

Halaman: 
Penulis : Rezaldy, Vicky Anggriawan