logo


Pengamat: Ini 3 Poin Penting Upaya Peningkatan Sektor Pangan dan Pertanian

Ada tiga hal yang harus diperhatikan pemerintah dalam pembangunan pertanian.

21 Juli 2017 12:45 WIB

Ilustrasi buruh tani menebar pupuk di areal persawahan.
Ilustrasi buruh tani menebar pupuk di areal persawahan. beritadaerah.co.id

BOGOR, JITUNEWS.COM - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Herry Suhardiyanto, menyoroti tiga hal penting yang harus menjadi perhatian pemerintah dalam pembangunan pertanian.

"Poin pertama adalah masalah inovasi di sektor pertanian. Lakukan upaya cepat peningkatan usaha tani dengan strategi pertanian modern dan terkonsolidasi," demikian kata Herry Suhardiyanto, dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Jumat (21/7).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa untuk mewujudkan poin pertama tersebut dibutuhkan ketekunan usaha dari hulu hingga hilir melalui upaya komprehensif.


KKP dan FAO Sepakat Kembangkan Pakan Mandiri

Kedua, perhatian kepada potensi industri pengolahan produk pertanian. "Pemerintah juga harus memberi perhatian pada upaya peningkatan di sektor industri pengolahan produk pertanian, sehingga kualitasnya bisa dijaga," ujarnya lagi.

Ketiga, kesejahteraan petani. Peningkatan produksi di sektor pertanian harus juga menyasar kesejahteraan para petani.

Herry juga sangat mengapresiasi keinginan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, yang akan membeli dan menerapkan inovasi terbaru benih padi IPB3S dari IPB kepada petani. Benih unggul IPB3S diklaim lebih produktif daripada Ciherang dan tahan hama wereng.

Produksi benih unggul IPB3S adalah antara 8 sampai 11 ton/ha, bahkan telah ditanam di Karawang dan mampu mencapai produksi 13,4 ton/ha.

Mentan Dorong Wilayah Perbatasan untuk Produktif di Bidang Pangan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari