logo


HTI Dibubarkan, MUI: Kita Pernah Ingatkan Jangan Usung Khilafah

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung keputusan pemerintah yang membubarkan ormas yang bertentangan dengan Pancasila

21 Juli 2017 05:45 WIB

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma\'ruf Amin.
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung keputusan pemerintah membubarkan ormas yang bertentangan dengan Pancasila. MUI sendiri mempunyai komitmen kebangsaan. Menurut Ketua Umum MUI, KH Ma'ruf Amin, setiap ormas yang ada di Indonesia harus tetap menjaga keutuhan NKRI.

"Iya lah, pokoknya kita sudah punya komitmen kebangsaan. MUI sudah melakukan penegasan kembali, siapa saja yang tidak memiliki komitmen Pancasila ya tentu tidak boleh menjadi anggota MUI. Dan mendukung langkah-langkah untuk pembubaran ormas yang memang anti-Pancasila," ujar Ma'ruf Amin di gedung Smesco, Kamis (20/7).

Sebelumnya, Ma'ruf sendiri pernah mengingatkan HTI untuk tidak mengusung khilafah. Namun, HTI sendiri tidak mendengar masukan tersebut hingga akhirnya dibubarkan oleh pemerintah.


HTI Dibubarkan, PPP: Ke Depannya Kalau Bikin Ormas yang Sejalan dengan Pancasila

"Secara personal kita sudah mengingatkan untuk tidak mengusung khilafah itu. Karena dia terus saja, akhirnya pemerintah mengambil langkah kan. Itu kita sudah diingatkan. Jangan mengusung prinsip khilafah di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Ma'ruf.

Ketua Presidium Alumni 212: Pembubaran HTI Berkaitan Erat dengan Pilpres 2019

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata