logo


Tips Merawat Komputer Agar Lebih Awet

Komputer adalah alat yang dapat membantu banyak pekerjaan kita saat ini, mulai dari mengetik, nonton, mendengarkan musik dan banyak lagi pekerjaan kita terbantu dengan adanya komputer.

20 Juli 2017 14:33 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. net

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komputer adalah alat yang dapat membantu banyak pekerjaan kita saat ini, mulai dari mengetik, nonton, mendengarkan musik dan banyak lagi pekerjaan kita terbantu dengan adanya komputer.

Oleh karena itu, tentu saja kita ingin melakukan perawatan terhadap perangkat komputer yang kita miliki. Tidak seperti laptop, komputer justru lebih mudah dirawat karena untuk membuka casing komputer tidaklah sesulit membuka casing laptop.

Agar tidak cepat rusak, berikut ini adalah beberapa tips merawat komputer agar lebih awet.


Saat Ini Snapchat Bisa Rekam Video Lebih Dari 10 Detik

1. Bersihkan debu yang ada di dalam komputer

Membersihkan debu yang ada pada komputer sebaiknya rutin Anda lakukan. Karena debu yang ada di dalam komputer dapat menghantarkan arus listrik yang bisa menyebabkan konsleting pada perangkat komputer. Anda cukup membuka dua baut yang mengunci casing, lalu Anda bisa membersihkannya.

2. Jaga suhu ruangan

Suhu ruangan sangat berpengaruh bagi komputer. Karena kondisi ruangan yang terlalu panas tentu saja mempengaruhi suhu komputer lebih cepat panas. Panas yang berlebih pada komputer dapat merusak peralatan yang ada di dalam komputer.

3. Gunakan UPS

Bagi Anda yang tinggal di daerah yang sering mengalami mati lampu sebaiknya Anda membeli UPS (Uninterruptible Power Supply). Karena hilangnya daya secara mendadak pada komputer yang menyebabkan komputer mati dengan prosedur tidak benar dapat berdampak buruk pada perangkat komputer terutama hard disk.

4. Periksa Kesehatan Software

Kondisi perangkat lunak pada komputer sama pentingnya dengan perangkat keras. Kegagalan sistem dapat menjadi bencana bagi komputer Anda. Melakukan Defrag adalah salah satu cara praktis. Langkah ini dapat membuang segala jenis file sampah yang terdapat di komputer. Melakukan update antivirus juga penting. Ada baiknya untuk melakukan pembaruan antivirus untuk menghindari aplikasi jahat yang dapat menyerang komputer Anda.

Facebook Perkenalkan Fitur Untuk Mencegah Pencurian Foto Profil

Halaman: 
Penulis : Satria Budi