logo


Tips Mudah Membuat Bak Mandi Burung

Membuat bak mandi dengan menggunakan bahan toples memang sangat mudah dan tidak rumit.

15 Desember 2014 13:08 WIB

bak mandi burung
bak mandi burung

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mandi bagi burung adalah hal yang harus dilakukan dalam perawatan agar burung tetap terjaga kesehatan dan perkembangannya. Sehingga dapat   memberikan kesegaran dan menjaga bulu-bulunya agar tetap bersih. Biasanya untuk memandikan burung dapat dilakukan dengan cara disemprot, atau memakai karamba mandi. Namun kali ini untuk memandikan burung dapat dilakukan dengan  membuat bak mandi burung dari toples plastik. Membuat bak mandi dengan menggunakan bahan toples memang sangat mudah dan tidak rumit.

Bak mandi yang terbuat dari toples plastik bekas ini bisa digunakan untuk burung berukuran kecil hingga sedang seperti kenari, finch, lovebird, dan sebagainya. Namun jika ingin membuat bak mandi untuk burung yang berukuran lebih besar, harus digunakan ukuran  toples yang yang lebih besar.

Bahan dan peralatan yang digunakan :
Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan berupa toples plastik yang berbentuk kotak atau persegi, kemudian pisau atau cutter, dan juga  Lakban.

Cara membuat bak mandi burung
- Buatlah bagian pola yang nantinya akan menjadi pintu masuk dan keluar bagi burung
- Toples yang digunakan sebaiknya berbentuk kotak atau persegi, agar bisa diletakkan secara vertikal atau horisontal.
- Setelah itu, potong pola-pola tersebut menggunakan pisau atau cutter.
- Untuk menutupi tepian lubang yang cukup tajam, Anda bisa menggunakan lakban atau menggunakan tulang penjepit kertas (PVC slide binder) yang berwarna-warni agar terlihat  lebih cantik.
- Dan bak mandi bisa langsung digunakan.

 


Kandang Jebakan Jadi Alternatif Tangkap Burung Liar

Burung Terkena Serangan Lumpuh? Lakukan Tindakan Ini Saja!

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid