logo


Ini 3 Alasan Logis Lebih Pilih Kredit di Bank Daripada Rentenir

Selain bunga yang mencekik, alasan logis ini akan membuat Anda berfikir dua kali lipat untuk pinjam dana di rentenir.

19 Juli 2017 18:50 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pada saat kebutuhan hidup terus meningkat, Anda pasti akan mencari pinjaman dana untuk kebutuhan sehari-hari. Meminjam dana dengan cara kredit menjadi salah satu alternatif yang memungkinkan untuk Anda pilih.

Kredit bisa berasal dari sumber mana saja. Kendati demikian, meski saat ini Anda sedang benar-benar membutuhkan dana, sebaiknya hindari berutang atau meminjam uang ke lintah darat. Pasalnya, akan banyak kerugian yang Anda dapatkan.

Proses mendapatkan pinjaman dana dari rentenir memang jauh lebih mudah dengan proses yang cepat dibandingkan pinjaman dana melalui perbankan. Namun ada konsekuensi yang lebih berat jika Anda meminjam dana dari seorang rentenir. Berikut ini adalah alasan logis, mengapa meminjam dana dari bank lebih dianjurkan daripada meminjam uang dari seorang rentenir, dikutip dari halomoney.co.id


Kalau Mau Nikah Muda, Strategi Finansial Ini Harus Dikuasai

Bunga terukur

Bunga merupakan komponen terpenting dalam hal peminjaman dana. Anda disarankan untuk melakukan survei di beberapa bank, kemudian ambil bunga yang terendah sesuai kemampuan Anda mencicil. Biasanya bank memberi bunga sebesar 2 persen per bulan.

Jika bank memberi bunga sebesar 2 persen per bulan atau 24 persen per tahun, maka pinjam uang di rentenir bunganya bisa mencekik Anda. Pasalnya, mereka mengenakan bunga yang cukup besar. Rentenir bisa saja memberi bunga lebih dari 24 persen karena tidak ada peraturan bisnis yang jelas.

Cicilan tercatat rapi

Bank menerapkan cicilan yang teratur dan rapi. Selain itu, bank juga menyediakan proses cicilan yang jelas. Berbeda dengan rentenir, mungkin Anda harus mengantarkan sendiri cicilan tunai kepada seorang rentenir. Oleh karena itu, rentenir tidak memiliki catatan yang jelas dan rinci masalah cicilan.

Naungan hukum

Meminjam uang di bank tentu saja berlandaskan hukum. Terlebih jika Anda meminjam uang melalui bank syariah, maka tidak hanya berlandaskan hukum, negara saja, tapi hukum Islam juga diterapkan.

Tentunya, Anda tidak akan mendapatkan hal semacam itu ketika meminjam uang dari rentenir. Jadi jangan sampai Anda terjerat utang dari lintah darat ya.

5 Prinsip Investasi Reksadana yang Wajib Anda Ketahui

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari