logo


Sambangi Kantor ESDM, DPRD Kalsel 'Curhat' Soal Adaro

Adaro bermasalah dengan warga di lokasi dimana perusahan tambang batubara tersebut akan beroperasi.

15 Desember 2014 11:58 WIB

Tambang Batubara (Ist)
Tambang Batubara (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berbagai masalah terkait pertambangan di Kalimantan Selatan akan menjadi fokus Komisi III bidang pembangunan dan infrastruktur Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan dalam kunjungan kerjanya ke kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Ketua Komisi III DPRD Kalsel, H Bardiansyah, Senin (15/12) mengatakan, "Mungkin banyak hal terkait petambangan di daerah ini, yang diangkat saat pertemuan dengan pihak Kementerian ESDM."

Menurutnya, kemungkinan salah satu materi pembicaraan dengan pihak Kementerian ESDM adalah mengenai pertambangan batubara PT. Adaro yang berada di Kalimantan Selatan. Karena terkait masalah lahan, kondisinya masih bermasalah dengan warga di lokasi dimana perusahan tambang batubara tersebut akan beroperasi.


Jalur Kereta Batu Bara PT Bukit Asam Akan Lintasi Tol Trans Sumatera

"Kita tidak ingin ada permasalahan yang berkepanjangan dengan masyarakat/penduduk setempat karena kegiatan pertambangan batu bara yang terus berkembang. Ungkap Bardiansyah.

Ditakutkan, jika tanpa kejelasan, khawatir bukan saja menimbulkan permasalahan yang berkepanjangan dengan masyarakat setempat, tapi pada saatnya wilayah Balangan dan Tabalong dapat dikuasai Adaro

Mengenai materi yang akan diangkat dalam pertemuan dengan pihak Kementerian ESDM, menurut Bardiansyah, nanti akan berkembang dengan sendirinya. Mungkin akan lebih banyak membicarakan permasalahan perusahaan pertambangan batubara di Kalsel.

Penjualan dan Produksi Batu Bara PT Bukit Asam Naik 14%

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Vicky Anggriawan