logo


Memanen si Ampuh Getah Ashitaba

Tanaman rumit ini wajib menghindari penggunaan bahan kimia

15 Desember 2014 11:17 WIB

Tanaman ashitaba bisa diambil getahnya saat berumur minimal 6 bulan. FOTO: ISTIMEWA
Tanaman ashitaba bisa diambil getahnya saat berumur minimal 6 bulan. FOTO: ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Perawatan tanaman ashitaba bisa digologkan rumit dan diperlukan kesabaran untuk menunggu pertumbuhan batang dan daun. Tingkat kerumitan dalam pengerjaan dan kelangkaan ashitaba membuat hasil dari tanaman ashitaba tergolong mahal untuk obat herbal.

Tanaman ashitaba dikelompokkan dalam jenis tanaman perdu hijau yang sangat bermanfaat. Ashitaba akan tumbuh dengan baik ditanah yang subur, memiliki kelembaban tinggi (idealnya diktinggian 1200 Mdpl) dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Dalam melakukan perawatan tanaman ashitaba tidak boleh menggunakan obat-obatan/ pupuk kimia, harus benar-benar alami, karena kalau menggunakan bahan kimia akan mengakibatkan menurunnya kandungan alami ashitaba.Tanaman ashitaba bisa mulai diambil getahnya saat ia berumur minimal 6 bulan, namun usia yang ideal adalah 12 bulan sejak penanaman.


Khasiat Ampuh Daun Sembukan

Hama yang menyerang ashitaba biasanya adalah hama penggerek yang menyerang akar tanaman, cara satu-satunya adalah mencangkul tanah agar gembur dan membunuh penggerek. Lahan bekas tanaman itu dicangkul kembali dan didiamkan selama dua minggu. Atau bila sudah kronis, maka pohon yang terserang hama harus dibuang.

Getah ashitaba diambil dengan cara memotong pelepah kemudian dibiarkan beberapa saat sampai getah terkumpul pada ujung pelepah yang barusan dipotong kemudian dikumpulkan ke dalam gelas menggunakan bantuan pisau. Dalam satu pelepah ashitaba hanya bisa menghasilkan 3-4 tetes getah, makin besar umbi dan pelepah maka makin banyak getah yang dihasilkan. Satu pohon ashitaba hanya bisa diambil getahnya 1 kali dalam sehari. 

Tips Jitu Herbal untuk Lele yang Kembung

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Ali Hamid