logo


Memaksa Kacer yang Enggan Ganti Bulu

Meskipun agak kejam, tapi inilah cara terampuh

15 Desember 2014 11:09 WIB

Hindari pemebrian extra fooding yang berlebihan. FOTO: ISTIMEWA
Hindari pemebrian extra fooding yang berlebihan. FOTO: ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pemberian extra fooding (khususnya ulat hongkong dan ulat kandang) yang berlebihan dengan maksud meningkatkan performa burung terkadang bisa berdampak sebaliknya, sesaat memang burung bertambah fight namun efek sampingnya adalah bulu burung semakin kusam dan kacer enggan berganti bulu sesuai waktunya. 

Yang lebih parah adalah performa kacer semakin menurun, kadang-­kadang burung kacer pun jadi agak malas bunyi dan berperilaku aneh seperti mematuk bulu ekor dan lain­lain. Dalam keadaan seperti ini, biasanya pemilik burung mencoba berbagai macam obat-­obatan perontok bulu, meskipun awalnya beberapa helai burung terlihat seperti hendak rontok, tapi tetap saja burung tidak mabung sehingga berakhir pada keputusan menjual burung tersebut dengan harga rendah. 

Upaya yang dapat dilakukan untuk menanganinya adalah mengganti pakan burungnya dengan BR 1 (sejenis pakan ayam), kemudian sangkar burung dikerodong dengan kain agak gelap dan digantung di ruangan yang beratap seng. Yang paling penting lagi adalah tidak memberi extra fooding apapun pada kacer.


Cara Praktis Meramu Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Hal ini memakan waktu selama 1 atau 2 bulan, dan pada masa itu burung sebaiknya tidak terlalu sering dicek dan jangan bersihkan kandangnya. Bila bulu burung sudah rontok seluruhnya dan berganti dengan yang baru, maka perawatan harus dikembalikan seperti semula seperti mengatur pola makanan yang baik, memandikan dalam keramba, extra fooding yang normal (2 jangkrik pada pagi dan sore), serta kroto bersih secukupnya setiap hari.

Catat! Ini Cara Jitu Handle Kacer yang Sedang Mabung

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Ali Hamid