logo


Investor Tiongkok Tertarik Bangun PLTA di Nunukan

PLTA yang akan dibangun tersebut berada di Kecamatan Sembakung dengan kapasitas 4.000-5.000 MW

15 Desember 2014 09:24 WIB

Bendungan PLTA (Ist)
Bendungan PLTA (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Investor asal Tiongkok berminat menanamkan investasi pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dengan kapasitas cukup besar di daerah itu pada 2015 di Kabupaten Nunukan.

Sekretaris Distamben Kabupaten Nunukan, Ambros Tukan di Nunukan menyatakan, PLTA yang akan dibangun tersebut berada di Kecamatan Sembakung dengan kapasitas 4.000-5.000 mega watt (MW) dan Kecamatan Lumbis dengan kapasitas 6.000 MW.

Kedua lokasi pembangunan PLTA ini akan menggunakan sungai besar dengan kondisi arus air yang cukup tinggi sehingga tidak diragukan lagi pelayanannya nanti akan tersendat sebagaimana yang terjadi selama ini seringkali mengalami pemadaman.


Arnold Schwarzenegger Bangun PLTS Nias Utara

"Kita akan mendapatkan investasi bidang kelistrikan khususnya PLTA asal Tiongkok dengan kapasitas yang cukup besar," kata dia, pekan lalu.

Menurut dia, setelah PLTA ini beroperasi mampu mengaliri seluruh warga di pulau daratan besar Kabupaten Nunukan dengan tujuh kecamatan yakni Kecamatan Sembakung, Sembakung Atulai, Lumbis, Lumbis Ogong, Tulin Onsoi dan Sebuku. "Keberadaan kedua pembangkit listrik menggunakan tenaga air sungai yang akan mengaliri seluruh daerah di empat kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara, yakni tujuh kecamatan di Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Tanah Tidung dan Kabupaten Bulungan yang semuanya berada pada pulau daratan besar Kalimantan,"papar Ambros.

Namun dengan perencanaan kekuatan 10.000 MW ini, tambahnya, kemungkinan besar akan kelebihan listrik sehingga berpeluang dijual ke negara tetangga Malaysia.

Pemerintah Puas Selesaikan Renegosiasi 107 KK Pertambangan

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan