logo


Wah Buncis Lokal Tembus Pasar Jepang

Setahun terakhir, perusahaan meneliti tentang buncis dengan mengembangkan sejumlah varietas baru untuk kebutuh

15 Desember 2014 10:10 WIB

Komoditi sayuran buncis
Komoditi sayuran buncis

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Keperkasaan buncis lokal akhirnya terbukti juga. Buncis lokal berhasil menembus pasar Jepang setelah diekspor oleh PT Mitratani Dua Tujuh, selaku anak usaha PT Perkebunan Nusantara X (Persero). Kegiatan anak perusahaan BUMN Perkebunan ini melengkapi ekspor yang telah dilakukan sebelumnya, yaitu ekspor kedelai edamame serta okra ke Jepang, Eropa, dan sejumlah negara lain di Timur Tengah.

Direktur PT Mitratani Dua Tujuh, Wasis Pramono mengatakan, permintaan Jepang terhadap makanan sehat  cukup tinggi. Sehingga dalam setahun terakhir, perusahaan meneliti tentang buncis dengan mengembangkan sejumlah varietas baru untuk kebutuhan ekspor. ”Pasar Jepang sudah melihat sampel komoditas buncis kami, dan merasa sudah cocok. Higienitasnya sesuai standar Jepang yang sangat tinggi,” ungkap Wasis.

Menurutnya, hasil riset itu membuahkan hasil. Saat panen perdana sekitar 80 ton buncis, langsung diekspor ke Jepang sejak September 2014. Pemasaran ke Jepang lebih mudah karena mereka sudah lebih dulu menerima sampel kualitas komoditas melalui sejumlah mitra di Jepang. "Kalau sudah standarnya diterima, permintaan akan lebih tinggi. Prinsipnya, pihak Jepang siap menerima berapa pun jumlah produksi buncis kami. Buncis akan menjadi salah satu andalan diversifikasi produk ekspor kami yang selama ini banyak didominasi produk edamame dan okra," papar dia.


Ingin Dapat Harga Murah? Kunjungi Pasar-Pasar Berikut!

Wasis mengaku bahwa perusahaan memiliki 22 mitra konsumen besar di Jepang. Para mitra itu terdiri atas produsen makanan olahan, distributor ritel modern, hingga penyuplai makanan untuk hotel dan restoran mewah di Jepang.

Seperti diketahui, Mitratani adalah produsen sayuran beku untuk ekspor. Komoditas yang dihasilkan adalah kedelai edamame, mukimame, edatski, dan okra. Sekitar 80% produk ekspor perusahaan terkonsentrasi ke Jepang. Tahun ini, Mitratani menargetkan ekspor sekitar 6.700 ton produk edamame. Adapun ekspor komoditas okra ditargetkan 1.500 ton.

Untuk pengembangan, selain buncis, Mitratani tengah mengembangkan komoditas talas jepang (satoimo/colocasia esculenta) dan ketela rambat varietas beniazuma yang akan diekspor ke Jepang.

Siap-Siap! Beras Sachet Segera Beredar!

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid