logo


Ini Langkah Finansial yang Harus Anda Lakukan Ketika Memasuki Usia 30 Tahun

Memasuki usia krusial, bila Anda tidak melakukan perencanaan keuangan dengan baik, maka bisa jadi Anda akan merasa kesusahan secara finansial.

10 Juli 2017 14:01 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COMPada saat Anda memasuki usia 30, Anda berada pada usia matang yang seharusnya sudah melakukan perencanaan keuangan sejak masih berusia 20-an tahun. Namun, jika Anda tidak melakukan perencanaan, bisa jadi saat ini Anda sedang mengalami masalah finansial.

Lalu, apakah saat ini Anda sudah berada di jalan yang benar dengan melakukan perencanaan keuangan sebelum memasuki usia 30 tahun? Jika belum, maka Anda harus mengubah cara hidup Anda. Bagaimana cara Anda mengetahui apakah saat ini Anda berada di jalan yang benar atau salah? Berikut ini ulasan Jitunews.com yang dikutip dari CekAja.com.

1. Menabung dahulu, bersenang-senang kemudian


Ketahui Orang Yang Sedang Jatuh Cinta Menurut Golongan Darahnya

Pada saat Anda berada di usia 20-an tahun, ketika pertama kali menerima gaji, Anda akan mengalokasikannya untuk kebutuhan senang-senang dan sisanya untuk menabung. Hal tersebut harus diubah yakni menabung menjadi prioritas dan sisanya untuk kebutuhan senang-senang.

Dana tabungan Anda penting ketika suatu saat membutuhkan uang darurat untuk kebutuhan Anda.

2. Hindari resiko finansial akibat sakit

Bagi semua orang, sakit memang hal yang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, asuransikan segera kesehatan Anda. Dengan mempunyai asuransi kesehatan, hidup Anda akan lebih tenang dan bekerja tanpa beban.

3. Siapkan dana sekolah anak sekarang juga

Ini yang penting untuk dilakukan. Ketika memasuki usia 30 tahun, sebaiknya Anda mulai memikirkan dana sekolah anak terutama dana untuk kuliah. Biaya kuliah tidak lah ringan, sehingga Anda harus menyiapkan sekarang juga.

7 Cara Menikmati Hidup Ala Mario Teguh

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari