logo


Mentan Ajak Semua Komponen Pertanian Sukseskan Program Lumbung Pangan Dunia 2045

Amran menyatakan target besar menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia tahun 2045 sudah mulai terlihat arahnya.

7 Juli 2017 13:30 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. pertanian.go.id

BOGOR, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, mengajak semua komponen pertanian ikut dalam mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan dunia tahun 2045. Ajakan tersebut disampaikan Amran saat melakukan silaturahmi dengan seluruh jajaran peneliti dan peneliti utama Badan Litbang di Cimanggu, Bogor, Jumat (7/7).

Amran menyatakan target besar menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia tahun 2045 sudah mulai terlihat arahnya. 

"Saat ini produksi kita sudah melimpah sudah tidak impor beras dan jagung, bahkan untuk jagung sudah ekspor 250.000 ton ke Filipina," ujarnya.


Kementan Klaim Peningkatan PDB Sektor Pertanian 2016 Tumbuh 3,25 Persen

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa komoditas lain yang juga masuk dalam pangsa pasar ekspor adalah bawang merah.

Sementara itu, untuk cabai merah yang sebelumnya mengalami kekurangan pasokan dan lonjakan harga di pasar, Amran menyebutkan saat ini situasi tersebut sudah kembali normal. Harga pun sudah berangsur stabil.

"Dengan adanya program gerakan tanam cabai yang juga didukung oleh ibu PKK menanam 10 juta batang bibit cabai merah, maka saat ini produksi cabai Indonesia sudah terus meningkat," katanya lagi.

Ia meminta semua pihak untuk terus mendukung setiap program unggulan Kementan dan yang saat ini sudah semakin terlihat hasilnya.

"Mari kerja, kerja, dan kerja kita songsong era keemasan bangsa untuk wujudkan Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045," tukasnya.

MAPAN: Stabilnya Harga dan Stok Pangan Lebaran Tahun Ini Baru Pertama Kali Terjadi

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari
 
×
×