logo


Kini Giliran NasDem Setuju Wacana Dana Parpol Dinaikan

Johnny sendiri mengakui, partainya akan mendukung upaya pembiayaan dana parpol dari pemerintah selama kekuatan fiskal pemerintah kuat.

6 Juli 2017 17:06 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rupanya wacana kenaikan dana parpol oleh pemerintah mendapat lampu hijau dari sejumlah fraksi di DPR RI, salah satunya adalah Fraksi Nasional Demokrat (NasDem). Hanya saja NasDem mengingatkan pemerintah agar mempertimbangkan kemampuan fiskal yang dimiliki dalam menaikkan dana parpol.

Anggota Fraksi NasDem, Johnny G. Plate, menyetujui wacana tersebut asalkan ada jaminan dari masing-masing fraksi untuk tidak menyelewengkan dana parpol yang naik 10 kali lipat itu.

"Dana harus tersedia dan tentu harus pula didukung dengan program kegiatan parpol dan model laporan pertanggungjawaban keuangan yang transparan dan memadai," demikian ucap Johnny kepada awak media.


Gerindra Setuju Dana Parpol Naik Tapi Presidential Threshold Nol Persen

"Tentu bukan untuk dikorupsi karena dana yang dibutuhkan (untuk partai) jauh lebih besar," ucapnya melanjutkan.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengusulkan agar dana parpol yang tadinya Rp 108 per suara dinaikkan menjadi Rp 1.000 per suara. Dengan alasan, dana untuk parpol belum pernah naik selama 20 tahun terakhir.

"Nominal bantuan untuk jumlah suara yang tiap-tiap parpol peroleh pada setiap pemilu sudah 20 tahun hanya Rp 108, padahal tahun 1999 sudah pernah Rp 1.000. Sekarang kita berupaya mengusulkan Rp 1.000," ujar Tjahjo di Kemendagri, Senin (4/7) seperti dilansir Antara.

Johnny sendiri mengakui, partainya akan mendukung upaya pembiayaan dana parpol dari pemerintah selama kekuatan fiskal pemerintah kuat.

"Kami tentu akan mendukung dana bantuan parpol, bila menurut pemerintah fiskal kita cukup dan memadai," ujar anggota Komisi XI tersebut.

Kenaikan Dana Parpol Bikin Panas Pembahasan RUU Pemilu

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah