logo


Gubernur Sultra Ditahan KPK, Mendagri Keluarkan SK Plt

Mendagri Tjahjo Kumolo menunjuk Wagub Sultra, Salleh Lasata sebagai pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Tenggara

6 Juli 2017 09:36 WIB

Nur Alam ditahan KPK
Nur Alam ditahan KPK Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari Rabu (5/7) terkait kasus dugaan korupsi di balik penerbitan surat keputusan (SK) dan izin terkait sektor sumber daya alam. Akibat penahanaan tersebut, Mendagri Tjahjo Kumolo menunjuk Wagub Sultra, Salleh Lasata sebagai pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Tenggara.

"Nanti siang pukul 14.30 WIB saya serahkan SK Plt Gubernur Sultra kepada Wagub Sultra agar pemerintahan tidak kosong dan berjalan," ujar Tjahjo saat dikonfirmasi, Kamis (6/7).

KPK mengatakan Nur Alam mengalihkan dana yang diterimanya menjadi sejumlah aset, seperti tanah dan bangunan, serta mobil. KPK menduga korupsi yang dilakukan oleh Nur Alam sejak tahun 2009 hingga 2014.


KPK Mengklaim Punya Bukti Keterlibatan Ganjar Pranowo di Kasus e-KTP

Nur Alam diduga menyalahgunakan wewenang dalam menerbitkan SK Persetujuan Percadangan Wilayah Pertambangan, Persetujuan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Eksplorasi, dan SK Persetujuan Peningkatan Izin Usaha Pertambangan Eksplorasi Menjadi Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi kepada PT Anugrah Harisma Barakah (AHB). Perusahaan tersebut yang melakukan penambangan nikel di Kabupaten Buton dan Bombana di Sultra.

Pemuda Muhammadiyah Sebut Fahri Pengkhianat Reformasi, JIN Bereaksi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata