logo


Hari Bank Indonesia, Kenali Logo BI pada Uang Rupiah dari Masa ke Masa

Nama De Javasche Bank menjadi akar desain logo BI yang terdapat pada uang kertas yang dikenal masyarakat hingga saat ini.

5 Juli 2017 17:15 WIB

Logo Bank Indonesia.
Logo Bank Indonesia. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Para pengguna dunia maya turut memeriahkan Hari Bank Indonesia (BI) yang diperingati setiap tanggal 5 Juli dengan menyampaikan ucapan dan harapannya kepada bank sentral kebanggaan Indonesia tersebut. 

Tidak hanya warganet, sejumlah tokoh nasional dan para rekan perbankan BI juga turut menyampaikan ucapannya. Salah satunya adalah Gubernur DKI Jakarta Terpilih, Anies Baswedan. "Semoga makin berintegritas dan profesional untuk terwujudnya pertumbuhan dan stabilitas perekonomian nasional," tulis Anies melalui akun Twitternya, @aniesbaswedan, Rabu (5/7).

Untuk diketahui, pada zaman Hindia-Belanda, Bank Indonesia menggunakan nama De Javasche Bank. Sebagai bank sentral, BI berkomitmen menjaga kestabilan nilai rupiah.


Sah, Bunga Penjamin Periode Mei 2017 Ditetapkan

Nama De Javasche Bank itu pula yang menjadi cikal bakal desain logo BI yang terdapat pada uang kertas yang dikenal masyarakat hingga saat ini. 

Dalam metamorfosis logonya, BI memang sengaja tidak mengubah banyak unsur huruf 'J' pada inisial Javasche Bank. Huruf tersebut kemudian diadaptasi menjadi 'I' dengan tidak menghilangkan unsur lainnya.

Menurut keterangan dari Museum Bank Indonesia, logo-logo pada gambar di atas bukan merupakan logo resmi BI, melainkan logo yang muncul pada uang terbitan De Javasche Bank hingga akhirnya tiga logo terakhir mulai digunakan sejak tahun 1990-an dan dijadikan logo korporat. Seiring berjalannya waktu, perubahan logo disesuaikan dengan nilai estetika dan citra bank sentral yang diembannya. 

Saat ini, BI pun telah menggunakan teknik rectoverso yang merupakan teknik cetak khusus pada uang kertas yang membuat gambar pada logo saling isi. Teknik tersebut membuat huruf 'B' dan 'I' mengisi satu sama lain. Teknik ini diharapkan mengurangi kemungkinan-kemungkinan pemalsuan uang ke depannya. 

Info: Jelang Lebaran, BI dan Perbankan Layani Penukaran Uang Lewat Kas Keliling

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari