logo


Menteri ESDM Targetkan Perundingan dengan Freeport Selesai Akhir Juli 2017

Jonan mengungkapkan bahwa pemerintah menargetkan perundingan dengan PT Freeport Indonesia (PTFI) akan diselesaikan pada akhir Juli tahun ini.

5 Juli 2017 14:50 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan memberikan sambutan saat acara halalbihalal sektor ESDM, di Kantor Kementerian ESDM, Rabu (5/7).
Menteri ESDM Ignasius Jonan memberikan sambutan saat acara halalbihalal sektor ESDM, di Kantor Kementerian ESDM, Rabu (5/7). Dok. Kementerian ESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mewakili pihak pemerintah, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengungkapkan bahwa pemerintah menargetkan perundingan dengan PT Freeport Indonesia (PTFI) akan diselesaikan pada akhir Juli tahun ini.

"Belum lewat 2 bulan, bila lewat itu sampai akhir Juli. Kita sepakat itu bisa selesai sebelum bulan Oktober tahun ini. Kan namanya perundingan," ungkap Menteri Jonan kepada wartawan, di kantor Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Jl Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (5/7).

Jonan kembali menegaskan, pihaknya tidak akan membuat peraturan khusus untuk satu badan usaha apapun. Menurut Jonan, aturan dibuat untuk semua orang dan tidak ada kekhususan bagi pihak mana pun.


Kementerian ESDM Bantah Keluarkan Persetujuan Perpanjangan Kontrak Freeport

Masih dari penuturan Jonan, pertemuan Freeport di Kementerian Keuangan juga atas inisiatif Kementerian Keuangan untuk membahas pajak dan royalti akibat perubahan kerja sama pemerintah RI dengan Freeport.

Sedangkan PT Freeport mengharapkan negosiasi dengan pemerintah bisa segera berakhir dan dapat tercapai solusi saling menguntungkan kedua belah pihak.

"Kami juga berharap secepat mungkin, kalau bisa kurang kenapa harus 2 bulan, tapi kan bergantung proses perundingan itu sendiri," timpal Direktur dan Executive Vice Presiden Freepot, Tony Wenas, di tempat yang sama.

Tony juga berharap, agar negosiasi bisa berakhir dengan hal yang sama-sama menguntungkan. Dari empat poin yang sudah disepakati untuk didiskusikan dengan pemerintah.

Soal Freeport, Sri Mulyani: Kita Masih Terus Diskusi

Halaman: 
Penulis : Ferro Maulana, Vicky Anggriawan