logo


Mentan: Stabilnya Harga Pangan saat Ini Baru Terjadi Pertama Kali dalam 10 Tahun Terakhir

Ia mengatakan bahwa stabilnya harga pangan saat ini sangat tidak terlepas dari naiknya produksi pangan petani, sehingga ketersediaan stok pangan cukup untuk memenuhi permintaan konsumsi masyarakat

3 Juli 2017 16:18 WIB

Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman
Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman Humas Ditjen PKH Kementan

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, mengatakan bahwa stabilnya harga pangan saat Ramadhan kali ini merupakan kejadian yang pertama dalam 10 tahun belakangan ini.

“Ini baru terjadi dalam 10 tahun belakangan ini, maka kita apresiasi kerja keras semua pihak yang ikut menjaga ketersediaan pasokan dan menjaga kestabilan harga di pasar,” kata Amran Sulaiman di Jakarta, Senin (3/7).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa stabilnya harga pangan saat ini erat kaitannya dengan naiknya produksi pangan petani, sehingga ketersediaan pangan cukup untuk memenuhi konsumsi masyarakat terutama selama bulan Ramadhan.

“Produksi pangan kita saat ini terus meningkat, terutama sejumlah komoditas strategis. Maka konsumsi masyarakat dapat terpenuhi dari produksi yang ada,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa strategi pengaturan tata niaga pangan yang saat ini dilakukan pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan juga sangat efektif dalam menjaga dan mengatur harga di pasar.

“Kehadiran Satgas pangan yang melakukan kontrol hingga ke daerah-daerah juga kita apresiasi, sehingga harga selama bulan Ramadhan ini tetap stabil,” ujar Amran.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja semua pihak yang ikut membantu menjaga kestabilan harga pangan di pasar. Jokowi menegaskan bahwa kestabilan harga pangan saat Ramadhan tahun ini dapat terjaga berkat adanya kerja sama yang baik dari semua pihak lintas kementerian dan lembaga.

Sektor Pertanian Jadi 'Penyelamat' Ekonomi di Masa Pandemi

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Aurora Denata