logo


Ada Nama Calon Anggota Komnas HAM Terkait Ormas Radikal, Fadli Zon Percaya Proses Seleksi dan Kinerja

Salah satu anggoota dari Koalisi Selamatkan Komnas HAM menilai ada beberapa nama calon Komisioner HAM yang memiliki catatan buruk

3 Juli 2017 15:15 WIB

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ada beberapa calon komisioner HAM yang dianggap berkaitan dengan ormas radikal dan tidak mendukung HAM. Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menanggapi kabar tersebut dan tetap percaya dengan proses seleksi dan kinerja anggota Komnas HAM nantinya.

Fadli menjelaskan bahwa anggota komisioner harus bekerja secara profesional, tidak mementingkan individu maupun kelompok tertentu.

"Nanti kita bisa lihat apa yang dimaksud kedekatan itu. Pada dasarnya yang menjadi komisioner harus bekerja secara profesional, tidak membawa aspirasi individu, kelompok, dan golongan, kecuali aspirasi itu untuk menegakkan hak asasi manusia," ujar Fadli Zon di Senayan, Senin (3/7).


Kebijakan Sekolah Senin-Jumat, Fadli Zon: Kalau Error Bagaimana?

Fadli akan menilai kinerja anggota Komnas HAM nantinya, apakah baik atau buruk.

"Saya akan melihat kinerjanya saja bagaimana," lanjutnya.

Proses seleksi yang dilakukan dinilai Fadli sudah cukup untuk meneliti para calon komisioner HAM.

"Saya kira yang paling penting kita percaya proses yang sudah dilalui melalui seleksi dan seleksi itu juga sudah memberikan suatu ruang untuk penelitian pada yang bersangkutan," jelas Fadli.

Sudah ada 60 nama yang lolos seleksi tahap awal calon anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) periode 2017-2022. Salah satu anggota Koalisi Selamatkan Komnas HAM menilai ada beberapa nama calon Komisioner HAM yang memiliki catatan buruk. 

"Dari segi independensi kami menemukan 13 nama yang berafiliasi ke partai politik, 13 nama lagi berafiliasi dengan industri atau perburuhan, dan 9 orang lainnya memiliki kaitan dengan organisasi atau kelompok radikal," ujar anggota koalisi dari PBHI, Totok Yulianto, di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (2/7).

Kultwit Fadli Zon Soal Islamophobia: Ini Perubahan Drastis

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata