logo


KTNA Apresiasi Upaya Kementan Tekan Laju Impor Jagung

Kebijakan Kementan menggenjot produksi jagung dan diikuti mengendalikan impor jagung telah sukses membuahkan hasil.

3 Juli 2017 11:02 WIB

Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional, Winarno Tohir.
Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional, Winarno Tohir. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional, Winarno Tohir, mengapresiasi langkah cepat pemerintah, melalui Kementerian Pertanian (Kementan), dalam menekan laju impor jagung dengan meningkatkan produksi nasional. Menurutnya, kebijakan Kementan menggenjot produksi jagung dan diikuti dengan pengendalian impor jagung telah membuahkan hasil.

"Produksi jagung kita terus meningkat dan volume impor turun drastis," demikian kata Winarno Tohir, di Jakarta (3/7).

Produksi jagung tahun 2016 sebesar 23,5 juta ton naik 20,2 persen dibandingkan tahun 2015 dan selanjutnya angka prakiraan produksi jagung 2017 naik lagi menjadi 26 juta ton. Peningkatan produksi sejak tahun 2015 hingga 2017 ini memberikan nilai tambah Rp 26,6 triliun dan dinikmati oleh petani.

Produksi jagung yang tinggi ini diikuti oleh penurunan impor jagung. Sesuai data BPS, impor jagung total tahun 2016 sebesar 1,3 juta ton atau turun 62 persen dibandingkan tahun 2015 dan selanjutnya pada periode Januari-Mei 2017 tidak ada impor jagung pakan ternak alias nihil.

"Saya apresiasi prestasi Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, yang telah berhasil meningkatkan produksi jagung dan menyetop impor jagung," ujarnya.

Winarno berharap agar upaya pemerintah dalam mengendalikan laju impor jagung terus dilakukan dan produksi terus ditingkatkan sehingga ke depan konsumsi jagung nasional bisa dipenuhi dari produksi jagung lokal petani.

"Harapannya ada konsistensi dari pemerintah dalam mengendalikan laju impor jagung, sehingga, dengan terus meningkatnya produksi jagung nasional, impor bisa dihentikan," demikian tukasnya.

Temui Dubes Filipina, Mentan: Kita Akan Perluas Langkah Impor Jagung ke Filipina

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari