logo


170 PLTS Akan Terangi Kalsel

22 April 2014 11:39 WIB



 
TANJUNG, JITUNEWS.COM- Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, akan membangun 170 unit pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) khusus untuk kawasan terpencil, karena sampai saat ini masih banyak warganya belum menikmati listrik.

Kabid Penataan Wilayah, Dinas Pertambangan Tabalong, Bambang Irawinadi di Tanjung, Selasa (22/4/2014), mengatakan rencananya tahun ini akan dibangun 170 unit pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di tiga desa menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

"Pembangunan 170 unit PLTS dari dana APBD kabupaten rencananya di Desa Dambung Raya, Desa Salikung, dan Desa Kalingai," katanya kepada kantor berita Antara. Untuk Desa Dambung Raya, pembangunan PLTS di kawasan komunitas adat terpencil (KAT) yang dihuni sekitar 70 kepala keluarga (KK). PLTS yang dipasang menggunakan sistem penerangan rumah secara individual (Solar Home System) mengingat pola pemukiman di desa terpencil yang menyebar, katanya.

Terpisah, Inspektur ketenagalistrikan, Dinas Pertambangan Tabalong, Rizky Maulana menyebutkan sebelumnya dibangun PLTS terpusat di dua lokasi yakni Desa Panaan dan Desa Dambung Raya, Kecamatan Bintang Ara dengan kapasitas 15 kwp.

"PLTS terpusat seperti di Desa Panaan dan Desa Dambung Raya merupakan bantuan dari Kementerian ESDM mengingat di wilayah ini ratusan KK belum menikmati listrik," jelas Rizky.

Sebelumnya, dari hasil survei 2010 tercatat, sebanyak 1.084 KK di Tabalong belum menikmati listrik, kemudian mulai 2012 dibangun 150 unit PLTS dan 172 unit PLTS di 2013 dari APBD kabupaten. Termasuk 80 unit PLTS bantuan dari APBD provinsi dan rencananya 170 unit dibangun pada tahun ini sehingga tersisa sekitar 465 KK yang belum menikmati listrik.



 

UU Minerba Menuai Protes Dalam dan Luar Negeri

Halaman: 
Penulis :
 
×
×