logo


Apindo Sebut Tutupnya 7-Eleven Tak Berdampak Pada Ekonomi Nasional

Terlebih, 7-Eleven merupakan pemain yang masuk belakangan di tengah persaingan kompetitif beberapa perusahaan ritel serupa, seperti Alfamart, Indomaret, maupun Circle K.

27 Juni 2017 16:29 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Modern International Tbk (MDRN) akan menutup gerai 7-Eleven di Indonesia secara serentak terhitung 30 Juni 2017 mendatang.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani, mengatakan bahwa tutupnya 7-Eleven di Indonesia ini tak lepas dari adanya penjualan minuman beralkohol (minol).

"Bisnis ritel kan cukup ketat sekali, margin cukup tipis dan kebetulan sevel di konsep awal cukup bagus menyajikan lifestyle, bisa kumpul-kumpul di situ. Saya enggak tahu persis, konon katanya menyebabkan drop penjualan minol enggak boleh, mulai mereka kehilangan salah satu kompetitif advantage dibanding yang lain," ujarnya saat di rumah dinas Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Jakarta Selatan, Senin (26/6/2017).

Di sisi pengelolaan manajemen, Hariyadi menilai penting dalam keberhasilan maupun kegagalan suatu perusahaan ritel dalam mengembangkan bisnisnya. Terlebih, 7-Eleven merupakan pemain yang masuk belakangan di tengah persaingan kompetitif beberapa perusahaan ritel serupa, seperti Alfamart, Indomaret, maupun Circle K.

Disisi lain, Hariyadi juga menyoroti kesalahan antisipasi dari internal perusahaan yang tak dapat mencegah masalah pendanaan akibat besarnya beban operasional.

"Ketika ada permasalahan di manajemen enggak bisa antisipasi, intinya itu saja. Kalau teman-teman di ritel bilang, sevel punya keunggulan jualan minol sehingga enggak punya competitive advantage lagi," jelasnya.

Kendati demikian, Hariyadi menilai tutupnya 7-Eleven ini tidak memberikan dampak besar pada perekonomian secara nasional.

"Kalau Alfamart dan Indomaret problem, baru kita bermasalah karena karyawannya banyak. Sevel enggak terlalu," paparnya.

7-Eleven 'Kalah Saing' Dengan Convenience Store

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Marselinus Gunas