logo


7-Eleven 'Kalah Saing' Dengan Convenience Store

Tutupnya gerai 7-Eleven lebih dikarenakan ketatnya persaingan usaha sejenis atau Convenience Store seperti minimarket Alfamart maupun Indomaret.

27 Juni 2017 16:22 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Modern Sevel Indonesia akan menghentikan kegiatan operasional seluruh gerai 7-Eleven per 30 Juni 2017. Hal ini ditengarai akibat kesalahan manajemen dalam mengelola bisnis.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, tutupnya gerai 7-Eleven lebih dikarenakan ketatnya persaingan usaha sejenis atau Convenience Store seperti minimarket Alfamart maupun Indomaret.

"Nah, karena muncul convenience store, minimarket, apapun namanya yang seperti Alfamart, Indomaret apa segala macam. 7-Eleven itu kan cenderung masuk ke pemukiman, makanya beberapa kelihatannya izinnya rumah makan itu. Sementara yang namanya convenience store yang berkembang itu efisien sekali," ujar Darmin saat ditemui di Rumah Dinasnya, Jakarta, Senin (26/6/2017).

Disisi lain, Darmin melihat tutupnya 7-Eleven ini terjadi saat pesatnya pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia. Ia juga menilai bahwa pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia yang tercepat di dunia.

"Jangan lupa, retail business yang paling berkembang di dunia, paling cepat perkembangannya, Indonesia. Enggak ada lawannya," terangnya.

Lebih lanjut, Darmin menjelaskan bahwa Pemerintah tengah berencana untuk mengatur bisnis minimarket yang ada di Indonesia agar bisnis tersebut tetap bisa berkembang secara sehat.

"Kita juga tidak ingin menghambat perkembangan retail business. Tapi kita akan buat aturan standarnya bahwa di pemukiman janganlah, tidak bisa. Itu harus di jalan utama," cetusnya.

Selain itu, Darmin mengatakan bahwa presentase kepemilikan tidak boleh terus ditambah.

"Franchaisenya itu kan juga ada investor independent. Nah, rasionya itu harus kita pertahankan. Enggak boleh makin lama makin besar," pungkasnya.

Alami Insiden Serius, Pesawat Air Asia Balik ke Bandara Asal

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Marselinus Gunas